WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Hilang Otomatis 7 Hari

Kompas.com - 05/11/2020, 15:59 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com -  WhatsApp resmi menggulirkan fitur yang memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan yang sifatnya hanya sementara, lalu akan hilang secara otomatis dalam waktu tertentu.

Menurut blog resmi WhatsApp berbahasa Indonesia, fitur pesan sementara di WhatsApp resmi dirilis di beberapa negara mulai hari ini, Kamis (5/11/2020) lewat pembaruan (update) terbaru di platform Android dan iOS.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa mengecek update di masing-masing toko aplikasi. KompasTekno belum mendapatkan fitur ini saat berita ini ditayangkan.

WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini hadir untuk memberi kemudahan pengguna apabila mereka tidak ingin menyimpan pesan dalam jangka waktu lama.

Baca juga: WhatsApp Ungkap Cara Kerja Fitur Pesan yang Bisa Terhapus Otomatis

"Kami bertujuan untuk membuat percakapan di WhatsApp, semakin terasa seperti berbicara tatap muka secara langsung, yang artinya percakapan tersebut tidak harus tersimpan selamanya," tulis WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (5/11/2020).

Setelah fitur ini diaktifkan, pesan baru yang dikirim lewat kolom chat antar pribadi (bukan di grup), akan hilang secara otomatis setelah tujuh hari.

Fitur Pesan Sementara di aplikasi WhatsAppWhatsApp Fitur Pesan Sementara di aplikasi WhatsApp

Menurut pihak WhatsApp, opsi ini tidak akan memengaruhi pesan yang dikirim atau diterima di chat sebelum fitur pesan sementara diaktifkan.

Perlu dicatat, untuk percakapan di grup (WhatsApp Group), fitur pesan sementara hanya bisa diaktifkan oleh admin grup saja.

Baca juga: Cara Mengubah Font WhatsApp dan Instagram Tanpa Instal Aplikasi Lain

"Kami memulai dengan kurun waktu tujuh hari. Menurut kami, jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar Anda tidak lupa apa yang sedang dibicarakan," jelas WhatsApp.

Secara default, pesan yang Anda terima di WhatsApp akan diunduh secara otomatis ke dalam penyimpanan foto.

Apabila fitur pesan sementara dinyalakan, media yang dikirim di chat akan hilang tetapi akan tersimpan di galeri ponsel jika opsi "unduh otomatis" dinyalakan.

Jika pesan sementara diteruskan ke chat dengan fitur "pesan sementara" yang dimatikan, maka pesan yang diteruskan itu tidak akan hilang di chat.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Storage Management untuk Menghemat Memori Ponsel

Namun, apabila pengguna membuat cadangan (backup) sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan (backup) tersebut. Nantinya, pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan percakapan dari cadangan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X