Mengenal Fitur Ramah Anak dan Pendukung Produktivitas di Galaxy Tab A7

Kompas.com - 06/11/2020, 20:09 WIB
Galaxy Tab A7 Kompas.com/Wahyunanda KusumaGalaxy Tab A7
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Galaxy Tab A7 resmi hadir di Indonesia pada Oktober lalu. Samsung antara lain memasarkan  tablet ini sebagai sarana pendukung produktivitas dan kegiatan belajar anak di rumah.

Samsung pun menyematkan sejumlah fitur ramah anak di Galaxy Tab A7, salah satunya Samsung Kids yang memiliki sejumlah fungsi seperti edukasi, keamanan, serta permainan untuk mengasah kreativitas anak.

Dalam acara Galaxy Tab A7 Media Session yang digelar secara online, Jumat (6/11/2020), Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia, Elvira Dwi Anggraeni mengatakan Samsung Kids sengaja dihadirkan untuk membantu orang tua.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy Tab A7 di Indonesia

"Dengan adanya Samsung Kids, anak-anak bisa bermain di tablet tanpa khawatir membuka aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan. Disini secara default ada beberapa konten yang bisa dipilih," tutur Elvira.

Samsung Kids turut dibekali dengan fitur parental control di mana orang tua dapat memilih dan menentukan aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak.

Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia, Elvira Dwi Anggraeni dalam acara media session Galaxy Tab A7, Jumat (6/11/2020)Samsung Indonesia Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia, Elvira Dwi Anggraeni dalam acara media session Galaxy Tab A7, Jumat (6/11/2020)

Lewat fitur ini, orang tua juga bisa mengatur berapa lama sang anak dapat bermain tablet serta memantau aplikasi-aplikasi yang aksesnya telah dibatasi.

"Misalnya membuka aplikasi Zoom udah dipakai berapa jam, media sosial berapa jam, itu bisa terlihat di Samsung Kids ini. Pembatasan waktu anak buat main tablet juga bisa kita atur melalui fitur parental control ini," jelas Elvira.

Fitur pendukung produktivitas

Selain itu, Galaxy Tab A7 juga memiliki fitur Focus Mode di mana pengguna bisa membedakan aplikasi mana yang bisa dipakai tergantung pembagian waktunya.

Misalnya, saat jam kerja, pengguna bisa memilih mengaktifkan mode Work Time yang akan memberikan akses ke aplikasi produktivitas seperti  layanan video conference, email, atau  perpesanan.

Saat sedang waktu luang dan tidak bekerja, pengguna bisa mengaktifkan mode Me Time yang akan membuka akses ke layanan streaming, media sosial, atau aplikasi hiburan lainnya. "Jadi pengguna lebih produktif, tak ada godaan untuk buka sosmed (saat bekerja)," kata Elvira.

Baca juga: Menjajal Samsung Galaxy Tab A7, Tablet 10 Inci Harga Rp 5 Juta

Untuk mendukung aspek produktivitas lebih jauh, Samsung turut memindahkan letak kamera depan Galaxy Tab A7 ke bagian bingkai samping. Sehingga, saat perangkat dipakai dalam orientasi landscape, kamera depan pun akan berada di atas.

Posisi baru ini  mirip dengan peletakkan kamera webcam di laptop yang biasanya memang di sisi atas layar. Dengan demikian, pengguna pun akan lebih nyaman saat melakukan video conferencing.

Di Indonesia, Samsung Galaxy Tab A7 dibanderol dengan harga Rp 5 juta. Ada dua warna Galaxy Tab A7 yang tersedia, yakni Dark Grey yang memiliki bingkai warna hitam, serta Silver dengan bingkai warna putih.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X