Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Punya 3 Tanggal Ulang Tahun, Mana yang Benar?

Kompas.com - 07/11/2020, 08:26 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa Android memiliki setidaknya tiga tanggal ulang tahun berbeda? Yang pertama adalah 5 November 2007, merujuk pada perkenalan sistem operasi itu untuk pertama kalinya oleh Google.

Kala itu, Google bersama T-Mobile, HTC, Qualcomm, Motorola, dan sejumlah perusahaan lainnya bergabung dan mengumumkan pengembangan Android. Kalau berpatokan dengan tanggal ini, maka Android sudah berusia 13 tahun pada 2020.

Satu tahun berselang, versi pertama sistem operasi Android yakni Android 1.0 resmi dirilis Google pada 23 September 2008. Inilah tanggal kedua yang menghasilkan "umur" berbeda pada 2020, yakni 12 tahun.

Baca juga: Cara Mudah Bersih-bersih RAM di Ponsel Android dan iPhone

Google sendiri selaku pemilik Android pada 2018 mengumumkan bahwa tanggal ulang tahun Android adalah 22 Oktober 2008, merujuk pada tanggal peluncuran T-Mobile G1, ponsel yang dibekali dengan OS Android versi pertama tadi.

Ketika itu, Google mengumumkan bahwa Android sudah berumur 10 tahun pada 22 Oktober 2018. CEO Google Sundar Pichai pun mengacu pada tanggal ini sebagai ulang tahun sang sistem operasi berlogo robot hijau.

"G1 menjalankan Android 1.0, versi paling awal yang bahkan tidak dijuluki dengan nama dessert," sebut Google dalam sebuah posting blog untuk merayakan satu dekade Android.

Sejarah Android sendiri sebenarnya bisa dirunut lebih panjang ke masa lalu. Sistem operasi ini awalnya bukan kepunyaan Google, melainkan dibeli dari Andy Rubin yang memimpin pengembangan sistem operasi tersebut.

Baca juga: Android Awalnya Dirancang Bukan untuk Smartphone

Android pada mulanya dirancang sebagai sistem operasi untuk kamera digital. Rubin yang sering disebut sebagai "Bapak Android" mendirikan perusahaan Android Inc. pada 2003. Setelah diakuisisi oleh Google, Rubin menjabat sebagai kepala pengembangan Android.

Google memang telah menetapkan tanggal ulang tahun Android pada 22 Oktober. Namun, beberapa pihak masih merayakannya pada 5 November atau 23 September. Apapun tanggal pilihannya, selamat ulang tahun, Android!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com