BAKTI Kominfo Raih Penghargaan Better Satellite Worlds Awards

Kompas.com - 07/11/2020, 10:16 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika. KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoKementerian Komunikasi dan Informatika.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI ( Kominfo) meraih penghargaan dari ajang tahunan Better Satellite World Awards 2020 VI.

BAKTI mendapat Honorable Mention atas penyediaan layanan internet untuk sekolah di Indonesia.

Penghargaan berskala internasional tersebut diberikan sebagai wujud apresiasi Space and Satellite Professionals International (SPPI) terhadap pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

Baca juga: SMS Spam Bisa Dilaporkan ke Kominfo, Begini Caranya

Terkait penghargaan ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengatakan bahwa BAKTI Kominfo tengah berfokus untuk membenahi sulitnya akses internet di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) Indonesia.

"BAKTI Kominfo menyediakan infrastruktur digital guna meningkatkan rasio internetifikasi di wilayah 3T," jelas Johnny dalam siaran pers Kominfo yang dilayangkan ke KompasTekno, Sabtu (7/11/2020).

Selain BAKTI Kominfo, Honorable Mention juga diberikan kepada Omanos Analytics atas inovasi dalam mengombinasikan data amatan bumi dan kompleksitas wilayah dalam kebutuhan akutabilitas kerisakan sosial dan lingkungan.

Ada tiga penghargaan Better Satellite World Award 2020 yang diberikan oleh SPPI. Pertama, diperoleh Avanti Communications lewat Bidi Bidi Project yang menggunakan teknologi satelit di seluruh Afrika Sub-Sahara, Eropa, dan Timur Tengah.

Lalu kedua, SATMED yang merupakan platform berbasis satelit e-Health milik Pemerintah Luksemburg untuk sektor pendidikan dan perawatan medis.

Kemudian yang terakhir adalah SatSure AG yang merupakan startup aplikasi luar angkasa milik DeepTech yang menyediakan kecerdasan spasial untuk klien perbankan dan asuransi di seluruh dunia.

"Ini adalah tiga transformasi penggunaan satelit di berbagai penjuru dunia yang membuat dunia menjadi lebih baik," ujar Louis Zacharilla, Director of Development and Innovation Space & Satellite Professionals International.

Baca juga: Kominfo Siapkan Internet Gratis Super WiFi, Apa Itu?

Kemenkominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) kini tengah menguji coba teknologi Super Wifi untuk menyalurkan akses internet gratis ke daerah 3T di Indonesia.

Kepala Divisi Infrastruktur Backbone Badan Akesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Feriandi Mirza mengatakan bahwa Super WiFI merupakan teknologi WiFi yang jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan wifi konvensional.

 



Sumber Kominfo
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X