Xiaomi Pamer Kamera "Telescopic" untuk Ponsel

Kompas.com - 08/11/2020, 08:18 WIB
Purwarupa perangkat ponsel dengan kamera telescopic dari Xiaomi WeiboPurwarupa perangkat ponsel dengan kamera telescopic dari Xiaomi
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Para pabrikan gadget terus berupaya meningkatkan kemampuan kamera smartphone. Salah satu upaya terbaru adalah pengembangan kamera dengan lensa " telescopic" oleh Xiaomi.

Sesuai namanya, konsep kamera yang belakangan dipamerkan oleh Xiaomi di China ini memiliki rangkaian lensa dalam penampang yang bisa memanjang hingga menonjol ke luar bodi ponsel.

Kamera pun bisa melakukan zoom optis, layaknya kamera saku digital yang juga memiliki lensa dengan mekanisme zoom serupa.

Ini berbeda dari kamera telephoto model periskop yang banyak diterapkan di ponsel Android flagship masa kini. Di kamera periskop, susunan lensa ditempatkan menyamping sehingga tidak menonjol ke luar bodi ponsel.

Namun, kamera periskop tidak bisa melakukan zoom optis dan bukaan lensanya (aperture) relatif kecil sehingga tangkapan gambarnya di situasi minim cahaya tak sebagus kamera utama dengan bukaan lebar.

Nah, lensa telescopic dari Xiaomi konon bisa menyelesaikan persoalan tersebut dengan menyediakan bukaan lensa yang lebih lebar, selain zoom optis tadi.

Kamera telescopic Xiaomi memiliki rangkaian lensa yang bisa melakukan zoom optis dengan menonjol ke luar bodi perangkatXiaomi Kamera telescopic Xiaomi memiliki rangkaian lensa yang bisa melakukan zoom optis dengan menonjol ke luar bodi perangkat
Lensa telescopic Xiaomi disebut bisa "meningkatkan jumlah cahaya yang masuk hingga 300 persen" sehingga ikut meningkatkan kualitas gambar di situasi minim cahaya.

Baca juga: 5 Pabrikan Smartphone Terbesar di Kuartal III-2020, Xiaomi Geser Apple

Meski demikian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Minggu (8/11/2020), Xiaomi belum mengungkap berapa persisnya angka aperture dari lensa telescopic tersebut ataupun rentang zoom optisnya.

Sebagai perbandingan, lensa periskop di ponsel masa kini biasanya memiliki aperture di kisaran f/3.0, jauh lebih kecil dibandingkan kamera utama yang umumnya sekitar f/1.8 atau lebih lebar.

Lensa telephoto di ponsel pun bersifat fixed, alias tidak bisa melakukan zoom optis. Zoom yang dilakukan bersifat pembesaran digital sehingga akan selalu menurunkan kualitas gambar.

Dari belakang, Samsung Galaxy K Zoom terlihat mirip kamera saku digital dengan rangkaian lensa dan flash xenon miliknya  oik yusuf/ kompas.com Dari belakang, Samsung Galaxy K Zoom terlihat mirip kamera saku digital dengan rangkaian lensa dan flash xenon miliknya
Konsep lensa zoom telesopic yang tertanam di bodi ponsel sendiri sebenarnya bukan hal baru. Samsung sempat menerapkan fitur semacam ini di ponsel Galaxy K Zoom keluaran 2014.

K Zoom dibekali lensa dengan optical zoom 10x dan berbodi tebal karena harus memuat rangkaian lensa tersebut.

Baca juga: Ini Dia, Hasil Potret Galaxy K Zoom

Untuk kamera telescopic Xiaomi, berdasarkan video yang diunggah oleh pabrikan itu ke Weibo, lensanya kemungkinan bakal berukuran lebih ringkas dan tak terlalu jauh menonjol ke luar bodi ponsel.

Masih belum diketahui kapan Xiaomi akan mulai menerapkan kamera telescopic di ponsel buatannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X