Cara "Multitasking" dengan Fitur Split Screen di Windows 10

Kompas.com - 09/11/2020, 19:05 WIB
Tampilan split screen di Windows 10 digitaltrends.comTampilan split screen di Windows 10
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengguna laptop atau PC Windows kerap membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam bekerja. Agar tampilan jendela yang terbuka bisa lebih rapi dan mudah untuk multitasking, Windows 10 menyediakan fitur bernama Split Screen.

Fitur ini membagi tampilan layar agar memuat dua atau lebih jendela aplikasi sekaligus, dengan lebih rapi ketimbang hanya membiarkannya mengambang di atas tampiilan desktop.

Baca juga: Rekomendasi Antivirus untuk Windows 10, Salah Satunya Gratis

Split Screen pun bisa berguna dalam mendukung produktivitas dengan mengoptimalkan area layar, terutama bagi pengguna yang memiliki monitor berukuran lebar. Perpindahan aplikasi bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu menutup atau minimize jendela yang terbuka.

Untuk menggunakan Split Screen di Windows 10, silakan ikuti langkah-langkah berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Senin (9/11/2020).

Membuka dua jendela aplikasi sekaligus

1. Pilih salah satu jendela program yang terbuka, lalu ke tepi layar.

2. Saat pointer mouse mencapai tepi layar, nantinya Anda akan melihat garis persegi yang berkedip sebagai patokan ukuran jendela yang akan dimunculkan. Secara otomatis tampilan layar akan terbagi menjadi dua.

Cara melakukan split screen di Windows 10businessinsider.com Cara melakukan split screen di Windows 10

4. Semua program lainnya sedang aktif akan dimunculkan di sisi yang berlawanan dan terlihat lebih kecil.

Cara melakukan split screen di Windows 10businessinsider.com Cara melakukan split screen di Windows 10

5. Anda bisa memilih satu jendela program lain untuk mengisi ruang di samping halaman aplikasi pertama.

6. Ukuran tampilan jendela program pun juga bisa disesuaikan tergantung kemauan pengguna. Jendela di sisi kanan bisa dibuat lebih kecil dari sisi kiri atau sebaliknya.

Cara melakukan split screen di Windows 10businessinsider.com Cara melakukan split screen di Windows 10

Membuka tiga atau empat jendela aplikasi sekaligus

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X