Pengguna Internet Indonesia Mendekati Angka 200 Juta

Kompas.com - 10/11/2020, 07:16 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet

KOMPAS.com - Pengguna internet di Indonesia hampir menyentuh angka 200 juta pengguna, menurut survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII) periode 2019-kuartal II 2020.

Pada kuratal II ini, jumlah pengguna Indonesia mencapai 196,7 juta pengguna, naik menjadi 73,7 persen dari total populasi Indonesia yang tercatat mencapai 266,9 juta.

Jamalul Izza, Ketua Umum APJII mengatakan, kenaikan jumlah pengguna internet di Indonesia disebabkan beberapa faktor. Di antaranya adalah infrastruktur internet cepat atau broadband di Indonesia yang semakin merata dengan adanya Palapa Ring.

Kemudian, transformasi digital semakin masif berkat kebijakan bekerja dan belajar dari rumah sejak pandemi Covid-19 menlanda dunia 10 Maret lalu.

"Kenaikan itu juga didorong program-program APJII seperti Desa Internet Mandiri yang didukung oleh sekitar 500 anggota Asosiasi," ujar Jamal melalui keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Riset: Indeks Kebebasan Internet di Indonesia Terus Menurun

Survei yang bekerja sama dengan Indonesia Survey Center (ISC) ini menyebut ada kenaikan 8,9 persen atau setara 25,5 juta pengguna di medio tahun ini.

Pengguna di Pulai Jawa masih menjadi kontributor terbesar terhadap jumlah pengguna internet dengan persentase 56,4 persen, disusul Pulau Sumatera dengan 22,1 persen, Pulai Sulawesi 7 persen, Pulai Kalimantan 6,3 persen, Bali-Nusa Tenggara 5,2 persen, dan Maluku-Papua 3 persen.

Kontribusi pengguna yang tinggal di Pulau Jawa naik menjadi 56,4 persen dari 55,7 persen di tahun sebelumnya. Karena pembangunan infrastruktur internet di Jawa terus berkembang sehingga penggunanya juga bertumbuh," jelas Jamal.

Beberapa ibukota provinsi memiliki penetrasi internet lebih tinggi dibandingkan penetrasi provinsi bahkan nasional yang rerata 73,7 persen. Misalnya, DKI Jakarta 85 persen, Bandung 82,5 persen, dan Surabayar 83 persen.

Bahkan, penetrasi di Serang tembus hingga 100 persen. Sementara itu, jumlah pengguna smartphone di Indonesia menurut data APJII mencapai 95,4 persen. Pengguna laptop atau tablet hanya 19,7 persen, dan PC 9,5 persen.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X