Kompas.com - 10/11/2020, 10:02 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sony mengumumkan akan terjun ke bisnis drone dengan mengusung merek "Airpeak". Keputusan ini dilatarbelakangi olehsemakin banyaknya penggunaan drone dan imbasnya di sektor industri maupun kreatif.

Desain drone pertama buatan Sony belum diungkap. Video yang diunggah di YouTube resmi Sony juga hanya menampilkan rotor saja.

Namun dalam blog resminya, Sony mengatakan bahwa drone buatannya baru akan meluncur pada akhir tahun 2021. Sony kini mulai menggandeng para profesionaluntuk meminta masukan soal produk droneseperti apa yang diinginkan.

Baca juga: DJI Mavic Mini 2 Resmi, Drone Ringkas Harga Rp 6 Jutaan

Airpeak juga disebut Sony mencerminkan aspirasinya untuk berkontribusi pada pengembangan dan penciptaan drone yang berbeda dari sebelumnya, dengan mengandalkan teknologi pencitraan dan penginderaan, serta teknologi 3R (Reality, Real-time, dan Remote).

Salah satu faktor yang diunggulkan dalam drone buatan Sony nantinya adalah penggunaan teknologi AI robotics, sehingga drone bisa melakukan hal-hal baru.

Kemungkinan, drone buatan Sony nantinya bakal bisa menghindari halangan, mengenali obyek terbang lain, dan melakukan navigasi secara mandiri di antara gedung-gedung, tanpa campur tangan operator manusia.

Baca juga: Aplikasi Drone DJI Go 4 Dituding Diam-diam Intip Data Pengguna

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sony Global, Selasa (10/11/2020), Informasi terkait perkembangan pryek drone Sony ini bisa disimak di situs Airpeak di tautan berikut ini.

Sebelumnya, pada 2015 lalu, Sony juga pernah mengumumkan proyek drone "Aerosense" yang dikembangkan bersama dengan perusahaan robotik ZMP. Namun, proyek tersebut lebih merupakan layanan berbasis drone untuk klien perusahaan, bukan produk drone itu sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.