Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Luncurkan MacBook Air, Pro, dan Mac Mini dengan Chip ARM

Kompas.com - 11/11/2020, 07:18 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple kembali meluncurkan seperangkat produknya di acara bertajuk Apple Events yang digelar Rabu, (11/11/2020) dini hari waktu Indonesia Barat. Ada tiga perangkat yang diperkenalkan, yakni MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini.

Ketiganya mengusung chip terbaru dari Apple, yakni M1 yang berbasis ARM seperti chip iPhone dan iPad, menandai dimulainya transisi komputer Apple dari prosesor Intel yang digunakan sebelumnya.

Baca juga: Tinggalkan Intel, Apple Pakai Prosesor Buatan Sendiri untuk Mac

Bersama dengan MacOS Big Sur, M1 diklaim mampu memberikan kecepatan CPU hingga 3,5 kali lipat, kecepatan GPU hingga 6,5 kali lipat, machine learning (ML) hingga 15 kali lipat, dan daya tahan baterai 2x lipat lebih awet dari generasi terdahulu.

"Sejauh ini M1 adalah chip paling tangguh yang pernah kami buat, dikombinasikan dengan Big Sur, menawarkan performa menakjubkan, daya tahan baterai yang luar biasa, dan akses ke software serta aplikasi yang lebih dari sebelumnya," ujar CEO Apple, Tim Cook.

MacBook Air-M1 2020

MacBook Air memiliki desain yang hampir sama dengan generasi sebelumnya. Salah satu yang membedakan dengan versi Pro 13 inci adalah tidak adanya kipas angin yang membuatnya tidak bising ketika dioperasikan.

Selain itu, MacBook Air kini memiliki webcam yang lebih baik. Layarnya berbentang 13,3 inci dengan panel Retina Display beresolusi 2.560 x 1.600 piksel.

Chip M1 yang tertanam didalamnya memiliki masing-masing delapan inti CPU dan GPU.
Dipadu dengan penyimpanan RAM 8 GB dan storage 256 GB/512 GB. Model di atasnya memiliki opsi kombinasi penyimpanan 16 GB/2 TB.

Baca juga: Apple Umumkan MacOS Big Sur, Pertama Mendukung ARM

MacBook Air terbaru diklaim mampu digunakan untuk 15 jam berselancar di internet atau 18 jam memutar video yang masing-masing enam jam lebih lama dari generasi sebelumnya.

Laptop ini juga didukung koneksivitas WiFi dan dua port thunderbolt dengan USB 4. Ada pula Bluetooth 5.0, Touch ID, dan juga headphone jack.

MacBook Air dijual dengan harga 999 dollar AS atau sekitar Rp 14 juta berdasarkan kurs rupiah saat berita ini ditulis.

MacBook Pro 13 inci -M1 2020

MacBook Pro 13 Inci-M1 2020Apple MacBook Pro 13 Inci-M1 2020

Untuk desain layar, MacBook Pro masih identik dengan MacBook Air. MacBook Pro 13 inci dilengkapi kipas angin untuk menunjang performanya yang lebih tinggi.

Chip laptop ini disebut 2,8 kali lebih cepat dan grafisnya lima kali lebih cepat. Apple menanamkan baterai 58,2 watt-hour yang disebut lebih awet dan bisa bertahan hingga 17 jam untuk melakukan browsing atau 20 jam untuk memutar video.

Baca juga: Apple Macbook Pro 2020 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harganya

MacBook Pro 13 inci memiliki webcam yang telah ditingkatkan, disertai mikrofon yang lebih baik dari pendahulunya. Laptop ini dilengkapi dengan dua port Thunderbolt/ USB 4 serta Touch ID.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com