Apple Luncurkan MacBook Air, Pro, dan Mac Mini dengan Chip ARM

Kompas.com - 11/11/2020, 07:18 WIB
MacBook Air - M1 2020 AppleMacBook Air - M1 2020

KOMPAS.com - Apple kembali meluncurkan seperangkat produknya di acara bertajuk Apple Events yang digelar Rabu, (11/11/2020) dini hari waktu Indonesia Barat. Ada tiga perangkat yang diperkenalkan, yakni MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini.

Ketiganya mengusung chip terbaru dari Apple, yakni M1 yang berbasis ARM seperti chip iPhone dan iPad, menandai dimulainya transisi komputer Apple dari prosesor Intel yang digunakan sebelumnya.

Baca juga: Tinggalkan Intel, Apple Pakai Prosesor Buatan Sendiri untuk Mac

Bersama dengan MacOS Big Sur, M1 diklaim mampu memberikan kecepatan CPU hingga 3,5 kali lipat, kecepatan GPU hingga 6,5 kali lipat, machine learning (ML) hingga 15 kali lipat, dan daya tahan baterai 2x lipat lebih awet dari generasi terdahulu.

"Sejauh ini M1 adalah chip paling tangguh yang pernah kami buat, dikombinasikan dengan Big Sur, menawarkan performa menakjubkan, daya tahan baterai yang luar biasa, dan akses ke software serta aplikasi yang lebih dari sebelumnya," ujar CEO Apple, Tim Cook.

MacBook Air-M1 2020

MacBook Air memiliki desain yang hampir sama dengan generasi sebelumnya. Salah satu yang membedakan dengan versi Pro 13 inci adalah tidak adanya kipas angin yang membuatnya tidak bising ketika dioperasikan.

Selain itu, MacBook Air kini memiliki webcam yang lebih baik. Layarnya berbentang 13,3 inci dengan panel Retina Display beresolusi 2.560 x 1.600 piksel.

Chip M1 yang tertanam didalamnya memiliki masing-masing delapan inti CPU dan GPU.
Dipadu dengan penyimpanan RAM 8 GB dan storage 256 GB/512 GB. Model di atasnya memiliki opsi kombinasi penyimpanan 16 GB/2 TB.

Baca juga: Apple Umumkan MacOS Big Sur, Pertama Mendukung ARM

MacBook Air terbaru diklaim mampu digunakan untuk 15 jam berselancar di internet atau 18 jam memutar video yang masing-masing enam jam lebih lama dari generasi sebelumnya.

Laptop ini juga didukung koneksivitas WiFi dan dua port thunderbolt dengan USB 4. Ada pula Bluetooth 5.0, Touch ID, dan juga headphone jack.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X