MediaTek Luncurkan Chipset Dimensity 700 untuk Ponsel 5G Kelas Menengah

Kompas.com - 11/11/2020, 13:00 WIB
Mediatek Dimensity 700 MediatekMediatek Dimensity 700

KOMPAS.com - MediaTek mengumumkan chipset terbarunya, Dimensity 700. Chipset ini dirancang dengan konektivitas 5G, dengan proses fabrikasi 7 nm.

Dimensity 700 melengkapi lini chip 5G MediaTek di lini kelas menengah ke bawah, setelah sebelumnya MediaTek merilis Dimensity 720 dan Dimensity 800U.

Menurut Dr. JC Hsu, Corporate VP dan GM Wireless Communications Business Unit, MediaTek, portofolio Dimensity yang semakin besar membuat perusahaan dapat menghadirkan kemampuan 5G ke semua lapisan smartphone. Dengan demikian lebih banyak orang bisa menikmati pengalaman 5G.

“Dimensity 700 memiliki gabungan fitur-fitur konektivitas 5G, kemampuan kamera tingkat lanjut seperti night shot, dan dukungan untuk lebih dari satu asisten suara, seluruhnya dalam desain yang sangat irit daya,” ungkap Hsu dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: MediaTek Perkenalkan Chip Helio G95 untuk Ponsel Gaming

Dimensity 700 memiliki fitur-fitur konektivitas tingkat lanjut termasuk 5G Carrier Aggregation (2CC 5G-CA) dan 5G dual SIM dual standby (DSDS). Keduanya memberikan akses ke layanan 5G seperti Voice over New Radio (VoNR) dari koneksi mana pun, di antara dua kartu SIM.

Kecepatan downlink yang dimiliki Dimensity 700 diklaim Mediatek bisa mencapai 2,77 Gbps.

Fitur di chip Mediatek Dimensity 700.Mediatek Fitur di chip Mediatek Dimensity 700.
Di sisi pemrosesan, chip ini mengintegrasikan dua inti besar Arm Cortex-A76 dalam CPU delapan-inti dan beroperasi hingga 2,2GHz. Dari segi GPU, Dimensity 700 menggunakan GPU Mali-G57 MC2, model dan jumlah core yang sama yang dipakai prosesor Helio G80.

Dimensity 700 memiliki fitur 5G UltraSave untuk meningkatkan umur baterai. Teknologi ini secara cerdas mengelola koneksi 5G perangkat, sehingga pengguna bisa melakukan lebih banyak hal dan tidak perlu sering mengisi ulang baterai.

Baca juga: Xiaomi Redmi K30 Ultra Meluncur, Usung Chip Mediatek Terbaru

Chip ini juga mendukung tampilan layar 90 Hz, sehingga vendor ponsel bisa merancang smartphone dengan tampilan resolusi tinggi FullHD+ tajam dan tingkat refresh ultra-cepat untuk mengurangi blur dalam animasi dan game.

Dimensity 700 juga mendukung sensor kamera utama 48MP atau 64MP, dan peningkatan dalam pemotretan minim cahaya, serta fitur pemotretan dengan AI-bokeh, AI-color, dan AI-beauty.

Mediatek merancang Dimensity 700 agar bisa mendukung asisten suara dari berbagai merek global, seperti Alibaba, Amazon, Baidu, Google, dan Tencent, guna memberikan lebih banyak opsi konfigurasi.

Ponsel-ponsel dengan chip Dimensity 700 diperkirakan akan memasuki pasar pada kuartal I-2021, dengan banderol harga Rp 3,5 juta atau lebih murah.

Untuk spesifikasi lengkap dan detil lebih lanjut mengenai seri Dimensity 700 dan portofolio 5G dari MediaTek, kunjungi tautan berikut ini.

Baca juga: Xiaomi Dikabarkan Gandeng MediaTek untuk Bikin Chip Smartphone Sendiri




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X