Sistem Operasi MacOS Big Sur Bisa Diunduh 12 November, Ini Fitur Barunya

Kompas.com - 11/11/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi deretan perangkat Mac yang terpasang macOS Big Sur. AppleIlustrasi deretan perangkat Mac yang terpasang macOS Big Sur.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan dalam ajang WWDC 2020 pada Juni lalu, Apple  memastikan sistem operasi teranyar untuk perangkat Mac, Big Sur, akan bisa diunduh mulai 12 November.

Hal ini dikonfirmasi oleh Apple dalam sebuah acara virtual bertajuk "One More Thing" yang juga memperkenalkan deretan Macbook Air dan Pro teranyar yang dibekali chip terbaru Apple M1.

" MacOS Big Sur bakal dirilis (ke publik) pada Kamis (12 November) ini," ujar VP Hardware Enginering Apple, John Ternus, dalam acara virtual yang digelar Rabu (11/11/2020) dini hari waktu Indonesia.

Big Sur sendiri menjadi sistem operasi pertama yang berjalan di ekosistem Mac dengan "otak" berbasis ARM. Sistem operasi ini memiliki tampilan yang sekilas mirip antarmuka (interface) iOS dan iPadOS. Sistem operasi ini juga sudah dirilis dalam versi Public Beta pada Agustus lalu.

Baca juga: Apple Umumkan MacOS Big Sur, Pertama Mendukung ARM

Perlu diingat bahwa Indonesia dan Amerika Serikat memiliki selisih waktu 12 jam. Sehingga apabila Big Sur mulai dirilis pada Kamis pukul 00.00 waktu AS, maka kemungkinan sistem operasi ini bisa diunduh mulai Kamis, (12/11/2020) pukul 12.00 siang waktu Indonesia.

Fitur di macOS Big Sur

Big Sur membawa perubahan yang siginifikan dibanding Catalina. Desain ikon aneka aplikasi yang terpasang, misalnya, kini berbentuk persegi dengan sudut membulat, lengkap dengan sentuhan sedikit bayangan yang mengesankan bentuk 3D.

Fitur widget yang hadir di iOS dan iPadOS 14 juga kini dibawa ke layar Mac. Widget ini bisa menghiasi layar utama (desktop) perangkat dan memuat beragam informasi harian, seperti cuaca, waktu, kalender, dan lain sebagainya.

Selain desain, Apple juga memperbarui aplikasi yang tersedia di macOS Big Sur.

Fitur-fitur baru di macOS Big Sur.TheVerge Fitur-fitur baru di macOS Big Sur.
Aplikasi Messages, misalnya, kini dilengkapi dengan stiker memoji baru, serta efek dan fitur pesan yang bisa disematkan dan dihubungkan antar perangkat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X