Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review "Spider-Man: Miles Morales" di PS4, Lebih Segar dan Kekinian

Kompas.com - 11/11/2020, 19:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game teranyar besutan Insomniac Games, Spider-Man: Miles Morales, bakal dirilis pada 12 November di PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5).

Game tersebut merupakan sekuel dari game Spider-Man orisinal yang dirilis di PS4 sekitar 2018 lalu.

Sehari sebelum dirilis ke publik, KompasTekno berkesempatan untuk menjajal game tersebut selama sekitar satu jam di konsol PS4 versi reguler.

Perlu dicatat, sebelum bisa memainkan game yang dirilis Worldwide Studios ini, kita perlu mengunduh seluruh file game (versi 1.0) yang jumlahnya mencapai sekitar 50 GB.

Baca juga: PS5 Bisa Dipesan di Indonesia Mulai 18 Desember, Ini Harganya

Ada kemungkinan besar file ini bakal bertambah pada saat peluncurannya nanti. Sebab, ketika kami selesai mengunduh file utama yang diperlukan, kami ternyata harus mengunduh file tambahan berupa patch versi 1.02 yang berukuran 10 GB.

Satu lagi yang perlu diketahui, seluruh tangkapan layar (screenshot) yang ditampilkan di artikel ini diambil menggunakan konsol PS4 versi reguler, bukan PS4 Pro, apalagi PS5.

Lantas, bagaimana kesan pertama memainkan game ini? Adakah peningkatan atau elemen gameplay terbaru di game Spider-Man: Miles Morales?

Bisa lihat cerita sebelumnya

Tampilan jendela pop-up untuk melihat rangkuman cerita sebelumnya.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan jendela pop-up untuk melihat rangkuman cerita sebelumnya.

Peningkatan bisa langsung dilihat dari awal masuk ke dalam game. Ketika sampai di tampilan awal, pemain bakal disodori dengan sebuah jendela pop-up.

Pengguna bisa menekan tombol "bulat" untuk melihat rangkuman kehidupan karakter utama (Miles) di game Spider-Man edisi pertama, atau "silang" untuk langsung memainkan game tersebut (dianjurkan bagi yang sudah memainkan versi sebelumnya).

Seperti diketahui, di versi pertama, Miles sempat digigit oleh seekor laba-laba misterius yang ternyata memberikannya kekuatan super, mirip dengan insiden yang dialami Peter Parker yang berperan sebagai karakter di Spider-Man versi pertama.

Baca juga: The Last of Us Part II Sudah Terjual 4 Juta Kopi, Kalahkan Spider-Man

Mengetahui hal ini, Miles lantas dilatih oleh Peter untuk menjadi penggantinya kelak, hingga waktu berjalan cepat dan sampai ke era yang dikemas menjadi game Spider-Man: Miles Morales.

Setelah melihat jalan cerita yang cukup singkat dan padat, barulah pemain akan diantarkan ke tampilan utama game tersebut.

Lebih muda dan segar

Tampilan awal game Spider-Man: Miles Morales.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan awal game Spider-Man: Miles Morales.

Sekilas, tampilan utama game ini tampak lebih muda, segar, dan interaktif dibanding Spider-Man versi pertama.

Apabila melihat gambar di atas, tampilan awal game ini menampilkan Miles yang sedang berada di dalam kereta dan memainkan ponselnya.

Pandangan (angle) kamera lantas bakal berubah-ubah apabila pengguna berdiam diri di tampilan ini, alias tidak memencet tombol apapun.

Dalam game Spider-Man versi pertama, tampilan awalnya hanya memperlihatkan Peter yang sedang "nangkring" di jendela gedung pencakar langit, dengan angle kamera yang "gitu-gitu aja" meski didiamkan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com