Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Hari Ayah Nasional, Google Doodle Ajak Bikin Kartu Ucapan

Kompas.com - 12/11/2020, 06:53 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanggal 12 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ayah Nasional.
Google pun ikut merayakan hari spesial untuk para Ayah di Indonesia dengan menampilkan doodle khusus.

Apabila anda membuka laman Google.com pagi ini, Kamis (12/11/2020), akan muncul doodle berupa aneka pernak-pernik untuk membuat kartu ucapan digital, seperti kertas, pensil warna, gunting, dan amplop.

Saat meng-klik tombol play di tengah, Anda akan diajak untuk membuat kartu ucapan untuk Ayah.

Baca juga: Google Meet Bisa Ganti Background Video Call, Begini Caranya

Cukup pilih pernak-pernik yang ada di sisi bawah, yang ingin ditempelkan ke kartu ucapan.
Setelah selesai membuatnya, klik "send" untuk membuat kartu ucapan Hari Ayah Nasional.

Pengguna bisa membagikan cara membuat kartu ucapan digital lini  via Twitter, Facebook, dan E-mail.

Google Doodle Hari Ayah Nasional yang mengajak pengguna untuk membuat kartu ucapan.Google Google Doodle Hari Ayah Nasional yang mengajak pengguna untuk membuat kartu ucapan.

Sejarah Hari Ayah

Momen peringatan Hari Ayah Nasional di Indonesia berbeda dengan sebagian besar negara di dunia yang memperingatinya pada hari Minggu di pekan ketiga bulan Juni.

Peringatan Hari Ayah Nasional di Indonesia baru dimulai sejak tahun 2016 lalu atas prakarsa Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Inisasi hari Ayah Nasional dimulai saat merayakan Hari Ibu dengan mengadakan Lomba Menulis Surat untuk Ibu tahun 2014. Saat itu, peserta lomba menyeletuk kapan lomba menulis surat untuk Hari Ayah diadakan.Z

Baca juga: Kirim Pesan di Google Message Bisa Dijadwal

Dari sinilah, PPIP mulai memikirkan pentingnya Hari Ayah Nasional karena sosok Ayah yang sangat penting di keluarga. PPIP kemudian melakukan audiensi ke DPRD Surakarta untuk menanyakan kapan peringatan Hari Ayah di Indonesia.

Akhirnya, deklarasi Hari Ayah Nasional di Surakarta digelar pada 12 November 2016. Di hari dan jam yang sama, deklarasi serupa juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT.

Deklarasi tersebut digabungkan dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan "Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Baca juga: Google Siapkan Fitur Screenshot Panjang di Peramban Chrome

Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku Kenangan untuk Ayah yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Sejak saat itulah, setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional. Selamat Hari Ayah untuk seluruh Ayah di Indonesia!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com