Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Down Pagi Ini, Tidak Bisa Memutar Video

Kompas.com - 12/11/2020, 08:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna melaporkan YouTube mengalami error pagi ini. Aplikasi mobile memang bisa terbuka, tetapi video tak bisa diputar. Jendela video hanya menampilkan ikon loading yang tak kunjung selesai.

Saat KompasTekno menjajal di peramban desktop pun, video gagal diputar. Kadang bisa berhasil, itu pun setelah lama menunggu loading.

Baca juga: Tagar #YouTubeDown Jadi Trending Topic di Twitter

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs DownDetector, laporan masalah YouTube mulai banyak sejak pukul 07.00 WIB. Sudah ada lebih dari 246.000 laporan tentang tumbangnya YouTube.

Tampilan laman DownDetector menunjukkan YouTube mengalami error pada Kamis (12/11/2020) pagi mulai sekitar pukul 07.00 WIBDowndetector.com Tampilan laman DownDetector menunjukkan YouTube mengalami error pada Kamis (12/11/2020) pagi mulai sekitar pukul 07.00 WIB
Beberapa komentar menyebut pengguna tidak bisa melakukan streaming, ada pula yang mengeluh tidak bisa mengakses YouTube Studio. Selain layanan utama YouTube, YouTube TV dan YouTube Music pun dilaporkan bermasalah.

Dari pantauan peta, masalah itu erjadi di banyak negara di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Selatan, Jepang, sebagian kecil Australia, dan Indonesia.

Khusus di Indonesia, laporan banyak berasal dari wilayah sekitar Jakarta. Pengguna juga ramai mengicaukan tagar #YouTubeDown di Twitter.

Pihak YouTube melalui akun Twitter-nya membenarkan bahwa layanan video sharing itu memang sedang mengalami gangguan, tetapi penyebabnya belum diterangkan.

Baca juga: YouTube Error, Pengguna Mengeluh Kesulitan Belajar Online

"Kalau Anda menghadapi masalah pemutaran video di YouTube, Anda tidak sendiri. Tim kami sudah menyadarinya dan sedang mengerjakan perbaikan, Kami akan follow up dengan memberikan update di sini," kicau YouTube.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com