YouTube Error, Pengguna Mengeluh Kesulitan Belajar Online

Kompas.com - 12/11/2020, 09:04 WIB
Ilustrasi Youtube. CnetIlustrasi Youtube.

KOMPAS.com - YouTube dilaporkan tumbang pagi ini, Kamis (12/11/2020). Para pengguna melaporkan YouTube error dan tidak bisa memutar video.

Banyak pula pengguna di Twitter mengeluh tidak bisa belajar karena YouTube error. Sebab, hingga saat ini sekolah-sekolah di Indonesia masih menerapkan pembelajaran jarak jauh ( PJJ) karena pandemi Covid-19 yang masih belum mereda.

Baca juga: YouTube Down Pagi Ini, Tidak Bisa Memutar Video

Sebagian di antaranya memanfaatkan video YouTube sebagai salah satu media belajar online.
Seperti yang dikeluhkan akun @kookphouria. "Mau belajar kimia ini youtube down gimanaa," kicaunya. Pengguna lain juga mengeluhkan hal senada.


Dari pantauan situs DownDetector, sebagian pengguna lain mengeluh tidak bisa mengakses YouTube Studio.

Masalah ini terjadi di hampir semua negara, termasuk Indonesia. Mereka pun menumpahkan kekesalannya di Twitter. Hingga berita ini ditulis, tagar #YouTubeDOWN memuncaki trending Twitter.

Tumbangnya YouTube terjadi sejak pagi tadi sekitar pukul 07.10 WIB. Selain layanan utama YouTube, YouTube TV dan YouTube Music juga dilaporkan bermasalah.

YouTube telah mengakui layanannya memang sedang bermasalah. Namun, belum dijelaskan apa penyebab YouTube error.

Baca juga: Geser Despacito, Video Baby Shark Pecahkan Rekor YouTube

"Kalau Anda menghadapi masalah pemutaran video di YouTube, Anda tidak sendiri. Tim kami sudah menyadarinya dan sedang mengerjakan perbaikan, Kami akan follow up dengan memberikan update di sini," kicau YouTube di akun Twitter resminya.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, layanan YouTube di desktop dan mobile sudah berangsur normal sekitar pukul 08.45 WIB.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X