Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Smartphone dengan Layar Bolak-balik

Kompas.com - 12/11/2020, 13:03 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pada Juni lalu, Samsung mematenkan desain ponsel dengan enam kamera belakang. Kini, vendor smartphone asal Korea Selatan tersebut diketahui mendapatkan hak paten baru untuk desain ponsel yang beda dari ponsel pada umumnya.

Paten tersebut memperlihatkan sebuah rancangan ponsel dengan layar penuh di bagian depan dan belakang, alias bolak-balik.

Paten ini pertama kali diketahui oleh halaman LetsGoDigital. Samsung sendiri telah mengajukan paten tersebut kepada Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) Juli lalu dan diterbitkan pada 29 Oktober 2020.

Baca juga: Gelang Pintar Samsung Galaxy Fit2 Masuk Indonesia, Ini Harganya

Samsung mendapat paten desain ponsel dengan layar depan dan belakang. Letsgodigital Samsung mendapat paten desain ponsel dengan layar depan dan belakang.

Paten tersebut menampilkan desain smartphone geser dengan layar di bagian muka dan punggung.

Layar bagian depan memiliki pinggiran yang melengkung, sementara layar bagian belakangnya tampak datar. Tidak ada port maupun tombol fisik yang terlihat dalam desain tersebut.

Selain itu, layar tersebut dibungkus oleh sebuah wadah atau housing transparan di bagian depan dan belakang. Laporan menyebutkan bahwa housing tersebut terbuat dari bahan akrilik.

Housing ini kabarnya tak sekadar menjadi wadah dan pelindung layar. Housing tersebut juga memiliki fungsi seperti untuk menampilkan informasi cuaca, kesehatan, dll.

Dari desain paten tersebut, perangkat ini diketahui memiliki kamera dengan mekanisme slide atau geser. Pengguna harus menggeser bagian belakang untuk menampilkan kamera.

Baca juga: Samsung Siapkan Galaxy M62 dengan Memori Besar?

Desain tersebut membuat perangkat tertutup sepenuhnya oleh layar bagian depan dan belakang. Lebih lanjut, paten itu juga menyebutkan adanya kamera sekunder yang tersembunyi di dalam layar.

Fitur lain seperti sensor sidik jari dan speaker juga konon dibenamkan di dalam layar perangkat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Kamis (12/11/2020).

Kendati begitu, hal ini baru sebatas paten semata, dan belum dapat dipastikan apakah ponsel dengan layar bolak-balik tersebut akan benar-benar direalisasikan oleh Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.