Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan PlayStation 5, dari Rumor hingga Bisa Dipesan di Indonesia

Kompas.com - 12/11/2020, 19:11 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekitar pertengahan Juni 2020 lalu, Sony menjawab segala rumor terkait suksesor konsol game PlayStation 4 (PS4), dengan menguak penampakan asli PlayStation 5 (PS5).

Kabar yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar tersebut diumumkan dalam sebuah acara virtual yang digelar pada Jumat (12/6/2020) dini hari WIB.

Sekitar tiga bulan setelah acara itu, atau tepatnya pada September, Sony kembali menggelar acara virtual lain pada Kamis (17/9/2020) dini hari WIB.

Informasi yang disampaikan di acara ini lebih lengkap dari sebelumnya. Sebab, perusahaan asal Jepang itu resmi mengumumkan tanggal peluncuran dan harga resmi PS5 di sejumlah negara.

Baca juga: PS5 Ludes Terjual pada Hari Pertama

Di acara tersebut, Sony mengonfirmasi bahwa PS5 hadir dalam dua varian, yakni Standard Edition yang hadir dengan laci (slot) cakram (disc) Ultra HD Blu-ray fisik, dan Digital Edition yang sepenuhnya mengandalkan game berformat digital.

Kedua varian PS5 ini dijual dengan harga 499 dolar AS (sekitar Rp 7,3 juta) dan 399 dolar AS (sekitar Rp 5,9 juta) dan tersedia mulai 12 November (kawasan Amerika, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan) dan 19 November mendatang (di seluruh negara yang belum kebagian).

Indonesia kebagian 19 November?

Selepas acara tersebut, konsumen Indonesia pun menerka-nerka kapan sebenarnya PS5 bakal diluncurkan di Indonesia. Sebab, jadwal 19 November untuk negara selain disebut di atas, tidak begitu jelas.

Terlebih, harga jual resmi di Indonesia juga masih misterius lantaran informasi harga tadi masih berupa kurs mata uang asing saja.

Nah, kepastian tersebut terjawab pada Rabu (11/11/2020) kemarin, tepat satu hari sebelum PS5 tersedia di beberapa negara pada 12 November, atau dua bulan setelah pengumuman global tadi.

Harga PlayStation 5 (PS5) di Indonesia.PlayStation Asia Harga PlayStation 5 (PS5) di Indonesia.

Alih-alih 19 November, PS5 bakal tersedia di pasar Indonesia pada tahun depan, tepatnya 22 Januari 2021. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Sony Interactive Entertainment Singapore (SIES) dalam sebuah blog resmi.

Di Tanah Air, PS5 Standard Edition dijual dengan harga Rp 8,8 juta, lebih mahal Rp 1,5 juta dari harga resminya di AS yang dikonversikan tadi.

Baca juga: Daftar Toko yang Buka Pre-order PS5 di Indonesia

PS5 Digital Edition sendiri dilego dengan harga Rp 7,3 juta, lebih mahal Rp 1,4 juta dari harga resmi di AS yang berasal dari hasil konversi mata uang.

Meski baru masuk Indonesia sekitar dua bulan lagi, konsumen di Indonesia sudah bisa memesan PS5, berikut aksesorinya, di beberapa gerai yang bekerja sama dengan Sony mulai 18 Desember 2020. Daftar gerai lengkap bisa dilihat di tautan berikut.

Aksesori dan game penunjang

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com