Perjalanan PlayStation 5, dari Rumor hingga Bisa Dipesan di Indonesia

Kompas.com - 12/11/2020, 19:11 WIB
Informasi harga resmi PS5. SonyInformasi harga resmi PS5.

KOMPAS.com - Sekitar pertengahan Juni 2020 lalu, Sony menjawab segala rumor terkait suksesor konsol game PlayStation 4 (PS4), dengan menguak penampakan asli PlayStation 5 ( PS5).

Kabar yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar tersebut diumumkan dalam sebuah acara virtual yang digelar pada Jumat (12/6/2020) dini hari WIB.

Sekitar tiga bulan setelah acara itu, atau tepatnya pada September, Sony kembali menggelar acara virtual lain pada Kamis (17/9/2020) dini hari WIB.

Informasi yang disampaikan di acara ini lebih lengkap dari sebelumnya. Sebab, perusahaan asal Jepang itu resmi mengumumkan tanggal peluncuran dan harga resmi PS5 di sejumlah negara.

Baca juga: PS5 Ludes Terjual pada Hari Pertama

Di acara tersebut, Sony mengonfirmasi bahwa PS5 hadir dalam dua varian, yakni Standard Edition yang hadir dengan laci (slot) cakram (disc) Ultra HD Blu-ray fisik, dan Digital Edition yang sepenuhnya mengandalkan game berformat digital.

Kedua varian PS5 ini dijual dengan harga 499 dolar AS (sekitar Rp 7,3 juta) dan 399 dolar AS (sekitar Rp 5,9 juta) dan tersedia mulai 12 November (kawasan Amerika, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan) dan 19 November mendatang (di seluruh negara yang belum kebagian).

Indonesia kebagian 19 November?

Selepas acara tersebut, konsumen Indonesia pun menerka-nerka kapan sebenarnya PS5 bakal diluncurkan di Indonesia. Sebab, jadwal 19 November untuk negara selain disebut di atas, tidak begitu jelas.

Terlebih, harga jual resmi di Indonesia juga masih misterius lantaran informasi harga tadi masih berupa kurs mata uang asing saja.

Nah, kepastian tersebut terjawab pada Rabu (11/11/2020) kemarin, tepat satu hari sebelum PS5 tersedia di beberapa negara pada 12 November, atau dua bulan setelah pengumuman global tadi.

Harga PlayStation 5 (PS5) di Indonesia.PlayStation Asia Harga PlayStation 5 (PS5) di Indonesia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X