Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Mulai Gulirkan Fitur Penghemat Memori Ponsel di Indonesia

Kompas.com - 13/11/2020, 07:55 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, WhatsApp meluncurkan fitur Storage Management atau pengelola penyimpanan file guna menghemat memori ponsel secara global. Fitur ini akhirnya sudah hadir dan bisa dicoba di Indonesia.

Dari pantauan KompasTekno, pengguna WhatsApp di Indonesia mulai mendapatkan Storage Management lewat update pada Kamis (12/11/2020). Sebelumnya, fitur ini baru tersedia bagi pengguan beta.

Storage Management akan memudahkan pengguna mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus konten dan file mana yang sudah tidak diperlukan dan ingin dihapus untuk menghemat memori ponsel.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Storage Management untuk Menghemat Memori Ponsel

Sebab, semua media yang mencakup foto, video, dokumen, dan lain-lain yang diterima via WhatsApp akan disimpan di ponsel pengguna. Sebelumnya, pengguna harus sedikit repot untuk memilah dan menghapus file yang tersimpan di WhatsApp.

Dengan fitur storage management, penghapusan dan pengelolaan file dan media lainnya menjadi lebih praktis. Fitur ini tersedia di WhatsApp versi Android maupun iOS. Apabila belum menerima, bisa melakukan pembaruan di toko aplikasi masing-masing platform.

Fitur ini bisa diakses dengan membuka menu setting (pengaturan) dengan mengetuk tombol titik tiga vertikal di pojok kanan atas. Kemudian, pilih Storage and Data (penyimpanan dan data) > Manage Storage (kelola penyimpanan).

Tampilan fitur Storage Management di WhatsApp beta versi 2.20.205.7KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan fitur Storage Management di WhatsApp beta versi 2.20.205.7

Nantinya, akan dipaparkan semua file media yang tersimpan di WhatsApp lengkap dengan keterangan ukuran file.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Hilang Otomatis 7 Hari

Foto, file, dan chat akan diurutkan berdasarkan ukuran file yang paling besar, sehingga lebih mudah untuk memilah.

Pengguna juga bisa melihat preview dokumen atau file yang telah diplih sebelum menghapusnya secara permanen.

Informasi mengenai fitur Storage Management dapat dilihat di kanal YouTube resmi WhatsApp di tautan berikut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com