Video Viral Xbox Series X Keluar Asap, Microsoft Angkat Bicara

Kompas.com - 13/11/2020, 10:02 WIB
Xbox One Series X (kiri) dan Series S (kanan). XboxXbox One Series X (kiri) dan Series S (kanan).
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Konsol game teranyar dari Microsoft, Xbox Series X dan Series S, resmi dirilis pada 10 November lalu. Baru beberapa hari dirilis ke publik, konsol game tersebut sudah diterpa kabar miring.

Salah satunya adalah video yang beredar luas di internet di mana dalam video tersebut, sebuah Xbox Series X terlihat mengeluarkan asap. Video tersebut lantas memunculkan anggapan bahwa Xbox teranyar ini terlalu panas hingga berasap.

Namun, usut punya usut, asap yang keluar dari konsol tersebut ternyata bukan disebabkan oleh overheat, melainkan berasal dari vape atau rokok elektrik yang ditiupkan pengguna.

Awalnya, pengguna di dalam video tersebut ternyata meniupkan asap dari rokok elektrik (vape) yang ia tiup ke bagian bawah ventilasi udara Xbox Series X. Sehingga, asap bisa keluar dari bagian atas ventilasi udara dan terkesan seperti kasus overheating.

Baca juga: Selisih Harga Rp 3 Juta, Ini Bedanya Xbox Series X dan Series S

Akun Twitter tak resmi @XboxStudio mengatakan bahwa video tersebut merupakan sebuah trik. Ironisnya, banyak pengguna yang kemudian meniru trik tersebut.

Menanggapi hal ini, Microsoft pun angkat bicara. Perusahaan memberi peringatan agar pengguna tidak melakukan trik tersebut karena berbahaya.

Hal ini bisa jadi untuk menghindari kerusakan mesin atau komponen hardware yang ada di dalamnya. Terlebih lagi, kerusakan ini bisa saja menyebabkan kasus overheating yang sesungguhnya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Eurogamer, Jumat (13/11/2020), konsol Xbox Series X sendiri sebelumnya memang sempat diserang beragam rumor overheating.

Beberapa pengulas (reviewer), seperti Ken Bogard dan Jeff Bakalar, bahkan sempat mengaku bahwa konsol tersebut cepat panas ketika dipakai untuk memainkan sejumlah game.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi dan Harga PS5, Xbox Series X, dan Xbox Series S

Tanpa membantah kabar tersebut, pihak Xbox menjelaskan bahwa Xbox Series X bakal bekerja untuk mengurangi panas berlebih melalui sirkulasi udara yang ada, sama seperti Xbox One X dan konsol game lain pada umumnya. 



Sumber Eurogamer
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X