Cara Mengurangi Pemakaian Memori WhatsApp dengan Storage Management

Kompas.com - 13/11/2020, 14:31 WIB
Ilustrasi WhatsApp IstimewaIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Kiriman konten seperti foto dan video di WhatsApp seringkali berukuran cukup. Semakin banyak yang diterima, maka ruang memori internal di ponsel bakal makin tersita pula.

Pengguna bisa memangkas pemakaian memori ini dengan beberapa cara, seperti mematikan download konten otomatis atau melakukan penghapusan secara manual. Belakangan WhatsApp menyediakan cara yang lebih praktis, yakni lewat fitur Storage Management.

Fitur ini sudah diluncurkan secara global awal pekan bulan November dan kini sudah resmi bisa dicoba di Indonesia.

Baca juga: WhatsApp Mulai Gulirkan Fitur Penghemat Memori Ponsel di Indonesia

Dari pengamatan KompasTekno, pengguna WhatsApp di Indonesia mulai mendapat pembaruan fitur Storage Management mulai Kamis, (12/11/2020) untuk pengguna publik. Sebelumnya, fitur ini baru tersedia bagi pengguan beta.

Apabila belum mendapat fitur ini, tidak ada salahnya untuk mengecek pembaruan di toko aplikasi Play Store bagi platform Android dan App Store bagi pengguna iOS. Setelah diperbarui, buka kembali WhatsApp untuk menggunakan fitur Storage Management.

Langkah mengelola dan menghapus

Caranya, buka menu setting (pengaturan) dengan mengetuk tombol titik tiga vertikal di pojok kanan atas. Kemudian, pilih Storage and Data (penyimpanan dan data) > Manage Storage (kelola penyimpanan).

Nantinya, akan muncul semua file media yang tersimpan di WhatsApp beserta keterangan ukuran file. Di sisi atas akan muncul informasi berapa besar ruang penyimpanan yang sudah terpakai (warna hijau) dan masih kosong (warna kuning).

Cara menggunakan fitur pengelola dan pnyimpanan data (Storage Management) di WhatsApp.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara menggunakan fitur pengelola dan pnyimpanan data (Storage Management) di WhatsApp.

Di bawahnya ada beberapa kategori file yang diurutkan berdasarkan ukuran paling besar ke kecil. Adapun kategorinya meliputi file yang diteruskan berkali-kali, file yang lebih besar dari 5 MB, danChat.

Kategori Chat menampilkan siapa saja kontak yang paling banyak memberikan kiriman konten dan berapa ukuran file yang terkirim.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X