Program YouTube Rewind Dipastikan Absen Tahun Ini

Kompas.com - 13/11/2020, 16:59 WIB
Logo YouTube. Reska K. Nistanto/Kompas.comLogo YouTube.

KOMPAS.com - Sejak 2010, YouTube memperkenalkan YouTube Rewind. Program khusus yang biasanya digelar akhir tahun ini merangkum hal-hal fenomenal yang terjadi sepanjang tahun.

Sejak saat itu, kehadiran YouTube Rewind pun selalu ditunggu masyaralat dunia. Tak jarang, mereka membuat YouTube Rewind versi lokal, seperti yang beberapa kali dilakukan YouTuber di Indonesia.

Tapi, tahun ini berbeda. Untuk pertama kalinya sejak 2010, YouTube mengumumkan bahwa YouTube Rewind ditiadakan. Pengumuman itu disampaikan tim YouTube lewat Twitter.

"Tahun 2020 berbeda. Dan rasanya tidak benar untuk melanjutkan seolah-olah tidak demikian. Jadi, kami beristirahat dari YouTube Rewind tahun ini," begitu penggalan pengumuman YouTube.

Baca juga: Geser Despacito, Video Baby Shark Pecahkan Rekor YouTube

YouTube Rewind 2018YouTube YouTube Rewind 2018
Tidak dijelaskan apa yang dimaksud dengan "berbeda" dalam pengumuman itu. Namun, besar kemungkinan hal ini disebabkan kondisi dunia yang masih dilanda pandemi Covid-19.

YouTube pun tidak memungkiri, kendati di situasi seperti ini, banyak pula kreator yang tetap membuat karya positif.

"Anda menemukan cara bagaimana memberi dukungan ke orang-orang, membantu mereka mengatasinya, dan membuat mereka tertawa. Anda membuat tahun yang sulit ini benar-benar lebih baik," tulis YouTube.

Pengumuman ini pun mendapat pro dan kontra. Hank Green, penulis buku dan kraetor video mengatakan keputusan yang diambil YouTube cukup bijak.

Baca juga: YouTube Raup Pendapatan Rp 73 Triliun dari Iklan

Namun, YouTuber Casey Nesitat berpendapat bahwa YouTube Rewind tetap harus dibuat tahun ini. Begitu pula YouTuber gadget Zack Jerry, empunya kanal Jerry Rig Everything.

"Saya tidak setuju. (Tahun) 2020 memang berbeda. Tapi YouTube seharusnya tetap membuat Rewind. Ayolah, masih banyak hal positif," kicaunya.

Kendati menjadi program paling dinanti, dua tahun belakangan YouTube Rewind menjadi bulan-bulanan. YouTube Rewind tahun 2018 menjadi video di YouTube dengan dislike paling banyak sepanjang sejarah.

Baca juga: YouTube Rewind 2018 Catat Rekor Dislike Terbanyak

Hingga berita ini ditulis, YouTube Rewind mendapat dislike 18 juta kali. Tahun 2019, YouTube pun "realistis" dengan membuat YouTube Rewind yang lebih mirip kompilasi video-video apa saja yang paling banyak ditonton.

YouTube Rewind pun masih belum mendapat sambutan baik. Video YouTube Rewind 2019 mendapat dislike 9,2 juta, lebih banyak dibanding penyuka (like) yang mencapai 3,4 juta saja.



Sumber Twitter
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X