Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pemilik Pertama PS5 di Dunia, Dapat Gratis Sebelum Resmi Dijual

Kompas.com - 14/11/2020, 09:54 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Polygon

KOMPAS.com - Joey Chiu, seorang warga asal Amerika Serikat (AS), dinobatkan sebagai orang pertama yang memiliki konsol PlayStation 5 (PS5).

Uniknya, Chiu tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendapatkan konsol tersebut. Sebab, Sony secara eksklusif mengirimkan satu unit PS5 gratis kepada Chiu. Kenapa bisa?

Konsol tersebut dikirimkan Sony pada 10 November lalu, dua hari menjelang dibukanya keran penjualan perdana PS5 di sejumlah negara.

Baca juga: Sony Buka Suara soal Nasib PS4 Setelah PS5 Meluncur

Chiu pun segera mengumumkan kabar tersebut melalui akun Twitter pribadinya. Ia mengunggah posting berisi foto konsol PS5 beserta ucapan selamat dari Sony yang diterimanya.

Unggahan tersebut lantas mendapat balasan langsung dari Sony berisi lima heart emoji (emoji hati).

Lantas, apa yang spesial dari seorang Chiu, sehingga Sony memberikan PS5 secara gratis, dan menjadikannya pemilik pertama PS5 di dunia? 

Chiu dikenal sebagai salah satu sosok penggemar yang paling diapresiasi oleh Sony. Pada 2013, Chiu menjadi pembeli pertama PS4 di wilayah Amerika Utara. Menariknya, hal tersebut terjadi berkat sebuah ketidaksengajaan.

Baca juga: Daftar Toko yang Buka Pre-order PS5 di Indonesia

Chiu awalnya memang berniat untuk membeli PS4, tetapi tak disangka-sangka, ia malah menjadi orang pertama yang mengantre pada acara peluncuran konsol di New York kala itu.

Sebagai bentuk simbolis, Presiden Sony Computer Entertainment Andrew House dan bos SCE Amerika Serikat Jack Tretton lantas memanggil Chiu untuk memberikan PS4 pertama yang terjual, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Polygon, Sabtu (14/11/2020).

Tiga tahun kemudian, pada 2016, Chiu juga menjadi pengantre pertama yang mendapatkan konsol PS4 Pro, upgrade dari PS4 sebelumnya.

Karena kegigihannya dalam mendapatkan konsol PlayStation itulah, Sony memberikan penghargaan dengan mengirim unit PS5 terbaru, beberapa hari sebelum peluncuran. hal itu menjadikannya pemilik pertama PS5 di dunia.

"Joey Chiu menjadi yang pertama mengantre untuk PS4 dan PS4 Pro. Kesabaran adalah kebajikan, ini untukmu," begitu bunyi pesan yang ditulis Sony pada kotak kemasan PS5 yang dikirim.

Baca juga: PS5 Dukung PlayStation Now, Game Tak Dibatasi Region

Sony telah resmi membuka keran penjualan perdana PS5 sejak Kamis (12/11/2020). Penjualan konsol game terbaru Sony ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19 di berbagai negara.

Sejak diperkenalkan kali pertama lewat ajang The Future of Gaming Show yang digelar secara online pada Juni lalu, PS5 telah disambut dengan antusiasme yang tinggi dari para penggemar konsol PS.

Hal ini dibuktikan dengan ludesnya stok konsol next-gen tersebut di beberapa toko di Jepang. Belum genap satu hari setelah diluncurkan, baik stok untuk konsol PS5 Standard Edition maupun PS5 Digital Edition telah diborong oleh para pembeli.

Sementara di Australia, situs untuk memesan PS5 susah diakses, kemungkinan karena tingginya traffic. Salah seorang pemesan mengatakan kepada 7news.au bahwa ia melihat tulisan "Sold Out" saat hendak memesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Polygon


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com