Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Kuat Chip Apple M1 di MacBook Air Terbaru?

Kompas.com - 15/11/2020, 17:01 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Pekan ini, Apple memberikan kejutan dengan meluncurkan Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac mini baru.

Alih-alih chip prosesor (CPU) besutan Intel seperti yang sudah-sudah, ketiga ekosistem komputer Mac ini untuk ditenagai dengan "otak" besutan perusahaan, yakni Apple M1 (Apple Silicon), untuk pertama kalinya.

Kini, kemampuan chip teranyar bikinan perusahaan asal Cupertino, AS ini terkuak lewat hasil uji coba benchmark di situs Geekbench 5.

Skor benchmark Macbook Air yang dibekali Apple M1 di situs Geekbench.KOMPAS.com/Bill Clinten Skor benchmark Macbook Air yang dibekali Apple M1 di situs Geekbench.

Berdasarkan laman itu, Macbook Air yang ditenagai Apple M1 mampu mencetak skor performa single-core mencapai 1.687 poin dan multi-core mencapai 7.433 poin.

Baca juga: Inikah Alasan Apple Tinggalkan Chip Intel?

Angka tersebut sejatinya lebih tinggi dibanding Macbook Pro 16 inci (2019) yang ditenagai dengan prosesor Intel Core i9-9980HK. Laptop ini "hanya" memiliki skor performa single-core 1.043 poin dan multi-core 6.863 poin.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Minggu (15/11/2020), skor yang diperoleh Macbook Air ini tergolong cukup bagus.

Sebab, perangkat tersebut tidak dibekali dengan kipas untuk mendinginkan aneka komponen hardware yang tersemat di dalamnya, mungkin saja karena dimensinya yang tipis.

Sehingga, bisa diprediksi bahwa Macbook Pro dan Mac mini, yang notabene memiliki kipas, kemungkinan bakal mencetak skor performa single-core dan multi-core lebih mumpuni, meski dibekali dengan chip CPU yang sama.

Skor Macbook Pro dan Mac mini

Benar saja, pantauan KompasTekno di situs Geekbench, Macbook Pro yang mengandalkan Apple M1 mampu meraih skor performa single-core dan multi-core yang sedikit lebih tinggi, yakni 1.749 poin dan 7.718 poin.

Baca juga: Mengenal Apple M1, Chip ARM Pengganti Intel di MacBook Terbaru

Adapun Mac mini teranyar dengan prosesor yang sama memiliki skor benchmark yang kurang lebih serupa, yakni 1.747 poin untuk single-core dan 7.686 untul multi-core.

Selain skor benchmark, Geekbench juga mengungkap kecepatan base clock CPU Apple M1 yang mentenagai ketiga komputer teranyar Mac ini, yakni 3,2 GHz, serta kapasitas RAM yang dipadankan dengan prosesor tersebut, yaitu mencapai 8 GB.

Angka kecepatan base clock itu sendiri memang lebih tinggi dibanding CPU Intel Core i9-9980HK yang ada di Macbook Pro 16 inci (2020) dengan kecepatan base clock 2,3 GHz (turbo boost 4,8 GHz), sehingga wajar saja performanya lebih mumpuni. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com