Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Xiaomi Sebaiknya Tunda Update MIUI 12

Kompas.com - 16/11/2020, 07:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Xiaomi resmi menggulirkan antarmuka terbarunya, MIUI 12, secara global pada Mei lalu. MIUI 12 digelontorkan secara bertahap untuk ponsel Xiaomi kelas flagship hingga entry-level.

Namun, para pemilik ponsel Xiaomi agaknya harus hati-hati sebelum melakukan pembaruan MIUI 12 ke ponsel mereka. Sebab, laporan mengatakan bahwa update MIUI 12 dapat menimbulkan masalah untuk sejumlah model ponsel Xiaomi, Redmi, dan Poco.

Salah satunya adalah masalah yang dialami oleh pengguna Twitter @deepakbuzz. Ia mengunggah sebuah video yang menunjukkan kondisi ponsel Poco X3 yang mengalami masalah setelah melakukan update ke MIUI 12.

Masalah tersebut mengakibatkan ponsel miliknya melakukan proses restart secara berulang.

Baca juga: Xiaomi Resmi Luncurkan MIUI 12 Global 

"Kemarin saya mendapatkan pembaruan baru bernama 'MIUI 12.05 stable'. Setelah melakukan pembaruan, saya menghadapi masalah yang disebut 'find phone closed unexpectedly'. Saya tidak bisa menggunakan ponsel dan terus menerus melakukan restart," tulis akun @deepakbuzz.

Masalah tersebut tampaknya disebabkan karena inkompatibilitas antara pembaruan firmware dengan aplikasi Airtel (aplikasi operator India) sehingga menyebabkan masalah berkelanjutan.

Namun, tidak ada jaminan bahwa masalah ini tidak akan terjadi dengan aplikasi lain.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Senin (16/11/2020), masalah ini sebenarnya sempat dilaporkan pengguna ponsel Xiaomi di forum resmi pada bulan lalu.

Masalah ini juga diketahui terjadi di sejumlah ponsel Xiaomi jenis lain, yaitu Redmi K20 Pro, Redmi Note 7 Pro, dan Redmi Note 9 Pro Max.

Baca juga: Ini Daftar Ponsel Xiaomi di Indonesia yang Kebagian MIUI 12

Di Indonesia, MIUI 12 sudah bisa diunduh secara bertahap oleh pengguna Xiaomi sejak Agustus lalu. Berikut ini adalah sejumlah ponsel Xiaomi yang kebagian MIUI 12 di Indonesia:

- Redmi 9
- Redmi Note 9, 9 Pro
- Redmi Note 8, 8 Pro
- Redmi 8, 8A, 8A Pro
- Redmi Note 7
- Redmi 7, 7A
- Redmi Note 6 Pro
- Redmi 6, 6A, 6 Pro
- Redmi Note 5, 5 Pro
- Redmi S2
- Mi 10
- Mi Note 10, Note 10 Pro
- Mi 8 Lite
- Poco F1

Kendati demikian menurut Head of Public Relation Xiaomi Indonesia, Stephanie Sicilia, spesifikasi POCO X3 di Indonesia (Global) dan di India berbeda, termasuk dari segi penamaan. Ia pun mengatakan bahwa Poco X3 NFC di Indonesia masih menggunakan MIUI versi 12.0.1.

"Untuk Indonesia menggunakan Poco X3 NFC dan update MIUI juga berbeda setiap regional," kata Stephanie kepada KompasTekno, Senin (16/11/2020).

Ia juga mengatakan, apabila pengguna Xiaomi di Indonesia menemui kendala atau masalah terkait produk Xiaomi termasuk MIUI, bisa menghubungi akun media sosial Xiaomi Indonesia atau nomor Whatsapp 0821 1723 6765.

Selain sejumlah model di atas, semua smartphone seri Mi/Redmi/Poco teranyar di kemudian hari, bakal turut dibekali dengan MIUI 12.

 

Update, Senin (16/11/2020), 17.25: Redaksi menambahkan keterangan resmi dari pihak Xiaomi Indonesia terkait masalah MIUI 12 dan nomor aduan apabila ada kendala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com