Samsung Turun, Vivo Naik, Oppo Tetap Teratas di Indonesia

Kompas.com - 16/11/2020, 11:15 WIB
Reklame promosi dari aneka merek ponsel dan gawai memadati ruang atrium di pusat perbelanjaan ITC Roxy Mas, Jakarta. KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWIReklame promosi dari aneka merek ponsel dan gawai memadati ruang atrium di pusat perbelanjaan ITC Roxy Mas, Jakarta.

KOMPAS.com - Firma riset pasar Canalys kembali merilis laporan pengiriman smartphone di Indonesia untuk kuartal III-2020. Daftar lima besar vendor ponsel teratas masih dihuni nama-nama yang sama.

Berdasarkan data yang diperoleh KompasTekno dari Shengtao Jin, Research Analyst di kantor Canalys Singapura, angka pengapalan ponsel pintar Oppo di Indonesia menurun dari sekitar 2,6 juta unit di periode yang sama tahun lalu menjadi 2,5 juta unit.

Namun, Oppo masih duduk di urutan teratas pabrikan smartphone terbesar di Indonesia, menurut Canalys.

Baca juga: 5 Pabrikan Smartphone Terbesar di Kuartal III-2020, Xiaomi Geser Apple

Sebaliknya, Vivo di urutan kedua mengalami kenaikan, dari sekitar 1,9 juta unit pada kuartal III-2019 menjadi 2,47 juta unit pada kuartal III-2020.

Di urutan ketiga ada Xiaomi yang mencatat angka pengiriman 1,8 juta unit, menurun dari sekitar 2,47 juta unit yang tercatat setahun lalu.

Samsung yang muncul di urutan keempat juga disebut mengalami penurunan shipment ponsel di Indonesia, yakni dari sekitar 2,43 juta unit pada kuartal III-2019 menjadi 1,6 juta unit pada kuartal ketiga tahun ini.

Terakhir, di urutan kelima, ada Realme yang mengalami kenaikan jumlah pengiriman smartphone, yakni dari sekitar 1,28 juta unit setahun lalu menjadi 1,48 juta unit pada kuartal III-2020.

Baca juga: Daftar 5 Besar Vendor PC Global Kuartal-III 2020, Lenovo Teratas

Masih menurut data Canalys, secara keseluruhan, jumlah pengiriman smartphone di Indonesia mengalami penurunan, yakni dari sekitar 11,47 juta unit pada kuartal III-2019 menjadi 10,36 juta unit pada kuartal III-2020. 

Secara global, Canalys mencatat 348 juta unit smartphone terkirim di seluruh dunia, menurun 1 persen secara Year-over-Year. Namun, jumlah itu meningkat 22 persen dibanding kuartal sebelumnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X