Situs Livescore Diblokir Kominfo, Ini Alasannya

Kompas.com - 16/11/2020, 15:05 WIB
Fitur baru livescore sportradar di kanal Bola.kompas.com KreatifFitur baru livescore sportradar di kanal Bola.kompas.com

KOMPAS.com - Situs pemantau skor langsung hasil pertandingan sepak bola, Livescore, dilaporkan tidak bisa diakses di Indonesia. Dari pantauan KompasTekno, ketika coba dibuka, livescore.com hanya menampilkan peringatan bahwa situs tersebut diblokir.

Baca juga: Apakah Blokir Huawei Bakal Dicabut Setelah Trump Lengser?

Hal yang sama juga dialami beberapa pengguna lain ketika mengunjungi situs livescore. Salah satunya adalah pengguna dengan nama akun @pawanngnyanaga ketika menjawab twit dari pengguna lainnya, @m_fu4d.


Saat dicek di situs trustpositif.kominfo.go.id, situs livescore.in tenyata masuk ke mesin pengais konten negatif Kominfo tersebut.

Trustpositif. kominfo.go.id, merupakan fasilitas pengaduan konten negatif baik berupa situs, URL, akun media sosial, aplikasi mobile dan software.

Tangkapan layar situs Livescore masuk mesin AIS KominfoKominfo Tangkapan layar situs Livescore masuk mesin AIS Kominfo

Staf Ahli Kementerian Kominfo Bidang Kebijakan Digital, Dedy Permadi membenarkan bahwa situs Livescore diblokir. Pemblokiran dilakukan sejak tanggal 13 November 2020. Sebabnya terkait dengan konten iklan yang ditayangkan di situs tersebut.

"Situs itu (Livescore) diblokir, karena di dalam situs itu ada iklan yang memuat link ke situs perjudian," ujar Dedy ketika dihubungi oleh KompasTekno, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Blokir Ditangguhkan, TikTok Tetap Bisa Beroperasi di AS

Dedy menambahkan, bukan soal konten Livescore yang bermasalah, namun karena adanya iklan perjudian.  Menurut dia akses ke situs Livescore bisa dipulihkan apabila iklan tersebut dibersihkan dan tidak ada konten lain yang dianggap negatif.

"Kami belum menerima permintaan (dari Livescore) untuk membuka situs kembali," jelas Dedy.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X