Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bug" di PS5 Bikin Pengguna Harus Factory Reset Konsol

Kompas.com - 16/11/2020, 20:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Konsol game teranyar besutan Sony, PlayStation 5 (PS5) resmi dijual di sejumlah negara beberapa hari lalu. Belum lama dirilis, sejumlah pengguna PS5 melaporkan adanya masalah atau bug.

Para pengguna PS5 melaporkan masalah tersebut melalui media sosial Twitter. Sembari me-mention akun resmi @AskPlayStation, beberapa pengguna mengatakan tidak bisa mengunduh (download) game PS5 di konsol mereka.

Salah satunya adalah akun @davidalllensod1, yang mengaku bahwa game Spider-Man: Miles Morales yang ia beli tidak bisa diunduh di PS5 Digital Edition miliknya. Ia juga telah me-restart konsolnya, namun, hal tersebut tak membuahkan hasil.

Baca juga: Cerita Pemilik Pertama PS5 di Dunia, Dapat Gratis Sebelum Resmi Dijual

Masalah serupa namun tak sama juga dialami oleh pengguna lainnya dengan nama akun @RealKidtypical.

Ia tidak menyebut versi PS5 apa yang dimiliki, akan tetapi, ia mengklaim bahwa ia tidak bisa menyimpan lebih dari satu game di konsolnya.

Ketika ia mencoba mengunduh game lainnya, proses pengunduhan tak mau berjalan dan mandek (stuck) di tampilan "calculating time remaining".

Adapun bug ini disebut memang berasal dari konsol PS5 itu sendiri, dan tampaknya bukan masalah koneksi internet masing-masing pengguna.

Pasalnya, sebagian besar game PS5 yang sudah resmi meluncur, seperti Call of Duty: Black Ops Cold War, Demon's Souls, Spider-Man: Remastered, hingga Sackboy: A Big Adventure kompak tidak bisa diunduh oleh sebagian pengguna.

Baca juga: PS5 Dijual di Indonesia 22 Januari 2021, Harga Mulai Rp 7,3 Juta

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Techspot, Senin (16/11/2020), solusi sementara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan cara mengembalikan pengaturan PS5 ke kondisi awal/pabrik, alias factory reset.

Meski konsol akan kembali normal, dengan factory reset, semua pengaturan dan data yang tersimpan di PS5, termasuk game yang telah diunduh, akan dihapus.

Kendati masalah ini sudah dialami oleh beberapa pengguna dan bisa dibilang cukup mengganggu, pihak Sony sendiri belum memberikan resmi terkait bug ini, begitu pula penyebab dan solusinya.

PlayStation 5 sendiri akan dijual di Indonesia pada Januari 2021 mendatang. Sementara sesi pre-order di Tanah Air akan dibuka mulai 18 Desember 2020.

Baca juga: Daftar Toko yang Buka Pre-order PS5 di Indonesia


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechSpot


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com