Satu Tahun Dirilis, Disney Plus Punya 73 Juta Pelanggan

Kompas.com - 17/11/2020, 08:06 WIB
Ilustrasi Disney Plus cnet.comIlustrasi Disney Plus

KOMPAS.com - Jumlah pengguna berbayar layanan video on-demand Disney Plus terus tumbuh. Dalam satu tahun terakhir, pelanggan berbayar layanan milik Walt Disney ini sudah mencapai 73,7 juta orang.

Pencapaian ini diungkap pihak Disney dalam laporan keuangan Disney kuartal keempat (Q4) tahun fiskal 2019. Jumlah pelanggan tersebut terhitung awal Oktober 2020. 

Angka ini meningkat dari Agustus lalu di mana jumlah pengguna berbayar Disney plus mencapai angka 60,5 juta secara global.

Pencapaian tersebut jauh melampaui perkiraan. Awalnya Disney memprediksi baru akan memiliki 60 juta pengguna berbayar setelah lima tahun sejak layanan dirilis 2019 lalu.

"Kami dengan senang hati bisa melaporkan bahwa, hingga akhir kuartal keempat 2020, layanan kami (Disney Plus) memiliki lebih dari 73 juta pelanggan berbayar. Ini jauh melampaui ekspektasi kami di tahun pertamanya," kata CEO Disney, Bob Chapek dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Bayar Langganan Disney Plus dan Spotify Bisa Pakai Ovo

Kendati demikian, tidak disebutkan secara rinci berapa angka pertumbuhan jumlah pelanggan Disney Plus di kuartal keempat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Laporan itu juga melampaui ekspektasi sebelumnya, di mana analis memprediksi bahwa jumlah pelanggan Disney Plus hanya akan mencapai sekitar 10 hingga 18 juta di tahun pertama.

Secara keseluruhan, pendapatan Disney Plus dari tahun ke tahun meningkat 41 persen dengan total pendapatan mencapai 4,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 69,6 triliun.

Sementara, kerugian operasionalnya turun dari 751 juta dollar AS (sekitar Rp 10,6 triliun) pada Q4 2019 menjadi 580 juta dollar AS (sekitar Rp 8,2 triliun) di Q4 2020 sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (16/11/2020).

Kendati demikian, jumlah pelanggan berbayar Disney Plus masih jauh di bawah pesaing utamanya, Netflix yang memiliki sekitar 193 juta pengguna.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet untuk Menonton Netflix dan Disney Plus

Di Indonesia, layanan Disney Plus juga sudah hadir sejak September lalu. Layanan tersebut hadir di Asia Tenggara dengan menggandeng Hotstar, layanan video streaming asal India.

Disney+ Hotstar kini sudah bisa diunduh pengguna di Indonesia lewat toko aplikasi Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Tarif berlangganan Disney+ Hotstar di Indonesia sendiri adalah mulai dari Rp 39.000 per bulan, atau Rp 199.000 per tahun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X