Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Kucurkan Dana Rp 2,1 Triliun ke Gojek

Kompas.com - 17/11/2020, 13:58 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel resmi mengumumkan investasinya kepada perusahaan ride hailing Gojek. Nilai investasi yang digelontorkan adalah sebesar 150 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,1 triliun.

Investasi ini akan digunakan kedua perusahaan untuk mengakselerasi transformasi digital di Tanah Air.

Selain itu, Gojek dan Telkomsel juga bekerja sama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional untuk meningkatkan SDM di bidang teknologi.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, mengatakan kolaborasi ini akan menjadi pondasi untuk menghadirkan teknologi digital di seluruh lapisan masyarakat.

"Kami percaya, kerja sama dengan Gojek dan ekosistemnya yang luas juga akan mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company dan memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan walaupun di saat kita masih menghadapi situasi penuh tantangan di tengah pandemi," kata Setyanto.

Baca juga: Satu Dekade Beroperasi, Gojek Punya 2 Juta Mitra Pengemudi di Asia Tenggara

Sementara itu, Direktur Utama PT Telkom Indonesia Tbk, Ririek Adriansyah, juga mengatakan investasi ke Gojek akan membantu Telkom Group mengembangkan bisnis layanan digital, sesuai peta jalan yang dirancang perusahaan pelat merah itu.

"Kolaborasi ini juga sejalan dengan visi dan misi TelkomGroup untuk mengorkestrasi strategi penguatan synergy value yang sudah berjalan antara kedua perusahaan, yang akan berdampak positif serta memperkuat portofolio bisnis TelkomGroup dalam mengakselerasi perekonomian digital di Indonesia," ujar Ririek, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (17/11/2020).

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek mengatakan, kucuran dana dari Telkomsel akan menjangkau ratusan juta masyarakat, termasuk konsumen dan mitra Gojek dalam pemanfaatan ekonomi digital.

Andre mengatakan suntikan dana dari Telkomsel merupakan bentuk kepercayaan kepada model bisnis Gojek, jangkauan luas ekosistemnya serta dampak yang dihasilkan bagi masyarakat dan ekonomi di Indonesia.

"Hal ini juga menempatkan kami pada posisi keuangan yang lebih kuat untuk mendorong pertumbuhan ke depan," ungkap Andre dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (17/11/2020).

Baca juga: Transaksi di Aplikasi Gojek Diklaim Tumbuh 10 Persen Selama Pandemi

Isu pendanaan Gojek oleh Telkomsel sudah tersiar sejak beberapa waktu lalu. Saat itu, salah seorang sumber mengatakan bahwa Telkomsel telah beberapa kali melakukan diskusi dengan Gojek untuk membahas investasi tersebut.

Telkomsel disebut akan membeli convertible bond (CB) atau obligasi konversi Gojek senilai 150 juta dollar AS, sesuai dengan angka yang dikonfirmasi hari ini.

Saat itu, Setyanto mengatakan perusahaannya tidak menutup kemungkinkan untuk mengembangkan bisnis melalui kemitraan dan membeli sumber daya eksternal, seperti startup.

"Proses pengembangan tersebut dilakukan secara organik maupun in-organik dengan melakukan pengembangan layanan, terutama yang berbasis layanan digital, ataupun pengembangan potensi bisnis dengan berkolaborasi bersama perusahaan lain," kata Setyanto.

Selain Telkomsel, sejumlah perusahaan besar tercatat menjadi investor Gojek. Di antaranya adalah Google, Tencent Holding Ltd, Facebook Inc, dan payPal Holding Inc.

Baca juga: Duo Unicorn Gojek dan Grab Dibuat Merana oleh Corona


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com