Samsung Tak Lagi Keluarkan Galaxy Note Mulai Tahun Depan?

Kompas.com - 17/11/2020, 14:41 WIB
Di bagian belakang terdapat tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2) dan kamera kamera telephoto 12 MP (f/3.0, optical zoom 5x). KOMPAS.com/ OIK YUSUFDi bagian belakang terdapat tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2) dan kamera kamera telephoto 12 MP (f/3.0, optical zoom 5x).

KOMPAS.com - Galaxy Note menjadi salah satu lini ponsel andalan Samsung. Setiap tahun, Samsung secara rutin merilis anggota keluarga terbaru dari seri Note.

Begitu pula pada 2020 ini. Samsung memperkenalkan Galaxy Note 20 dengan S Pen sebagai aksesori andalan. S Pen inilah yang menjadi pembeda antara Galaxy Note series dengan lini Galaxy lainnya.

Namun, muncul dugaan Samsung akan menghentikan produksi lini Galaxy Note mulai tahun depan. Kabar itu terendus dari kicauan Max Weinbach, penulis media teknologi yang juga dikenal sebagai pembocor gadget.

Dalam kicauannya, ia menulis, Samsung setidaknya akan merilis empat ponsel Galaxy S21 dan tiga ponsel lipat pada 2021 mendatang.

Baca juga: Samsung Angkat Bicara soal Jadwal Peluncuran Galaxy S21

Ponsel-ponsel tersebut adalah Galaxy S21 FE, Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, Galaxy S21 Ultra, Z Flip 3, Z Fold 3, dan Z Flip FE. Tidak ada seri Galaxy Note yang ia tulis dalam unggahannya. Sehingga kuat dugaan Samsung memang tidak menyiapkan Galaxy Note untuk 2021.

Selain Max Weinbach, pembocor gadget kenamaan, Ice Universe, juga mengklaim bahwa saat ini belum ada informasi dari seri Galaxy Note berikutnya.

Laporan media Korea Selatan, The Elec, juga memperkuat dugaan ini. The Elec melaporkan pada awal tahun ini bahwa Samsung belum mengonfirmasi peluncuran seri Note berikutnya untuk paruh kedua 2021.

Laporan itu juga menyebut bahwa aksesori S Pen yang menjadi andalan Galaxy Note series, akan hadir di lini Galaxy S. Jika kabar ini akurat, Galaxy Note 20 bakal menjadi ponsel Samsung versi Note yang terakhir.

Smartphone Galaxy S yang kebagian S Pen konon adalah Galaxy S21 Ultra. Galaxy S21 series dengan nama kode "Unbound" ini disebut akan hadir dalam tiga model.

Baca juga: Bocoran Tanggal Peluncuran Samsung Galaxy S21

Selain itu, Samsung juga disebut akan membawa S Pen ke Galaxy Z Fold model terbaru. Konon, Galaxy Z Fold 3 akan menjadi ponsel layar lipat pertama yang dibekali stylus ini sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, Selasa (17/11/2020).

Jika S Pen benar-benar dibawa ke seri Galaxy S dan Galaxy Z Fold, maka stylus ini tak lagi menjadi aksesori eksklusif yang sampai saat ini masih menjadi andalan lini Galaxy Note.

Sehingga, mungkin tak aneh juga apabila Samsung memutuskan untuk tidak meluncurkan suksesor Galaxy Note 20 series.

Kendati demikian, rumor ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Sebab, Samsung saat ini memang belum memberikan konfirmasi apa pun terkait perangkat teranyarnya untuk tahun 2021.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X