Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Tak Lagi Keluarkan Galaxy Note Mulai Tahun Depan?

Kompas.com - 17/11/2020, 14:41 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy Note menjadi salah satu lini ponsel andalan Samsung. Setiap tahun, Samsung secara rutin merilis anggota keluarga terbaru dari seri Note.

Begitu pula pada 2020 ini. Samsung memperkenalkan Galaxy Note 20 dengan S Pen sebagai aksesori andalan. S Pen inilah yang menjadi pembeda antara Galaxy Note series dengan lini Galaxy lainnya.

Namun, muncul dugaan Samsung akan menghentikan produksi lini Galaxy Note mulai tahun depan. Kabar itu terendus dari kicauan Max Weinbach, penulis media teknologi yang juga dikenal sebagai pembocor gadget.

Dalam kicauannya, ia menulis, Samsung setidaknya akan merilis empat ponsel Galaxy S21 dan tiga ponsel lipat pada 2021 mendatang.

Baca juga: Samsung Angkat Bicara soal Jadwal Peluncuran Galaxy S21

Ponsel-ponsel tersebut adalah Galaxy S21 FE, Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, Galaxy S21 Ultra, Z Flip 3, Z Fold 3, dan Z Flip FE. Tidak ada seri Galaxy Note yang ia tulis dalam unggahannya. Sehingga kuat dugaan Samsung memang tidak menyiapkan Galaxy Note untuk 2021.

Selain Max Weinbach, pembocor gadget kenamaan, Ice Universe, juga mengklaim bahwa saat ini belum ada informasi dari seri Galaxy Note berikutnya.

Laporan media Korea Selatan, The Elec, juga memperkuat dugaan ini. The Elec melaporkan pada awal tahun ini bahwa Samsung belum mengonfirmasi peluncuran seri Note berikutnya untuk paruh kedua 2021.

Laporan itu juga menyebut bahwa aksesori S Pen yang menjadi andalan Galaxy Note series, akan hadir di lini Galaxy S. Jika kabar ini akurat, Galaxy Note 20 bakal menjadi ponsel Samsung versi Note yang terakhir.

Smartphone Galaxy S yang kebagian S Pen konon adalah Galaxy S21 Ultra. Galaxy S21 series dengan nama kode "Unbound" ini disebut akan hadir dalam tiga model.

Baca juga: Bocoran Tanggal Peluncuran Samsung Galaxy S21

Selain itu, Samsung juga disebut akan membawa S Pen ke Galaxy Z Fold model terbaru. Konon, Galaxy Z Fold 3 akan menjadi ponsel layar lipat pertama yang dibekali stylus ini sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, Selasa (17/11/2020).

Jika S Pen benar-benar dibawa ke seri Galaxy S dan Galaxy Z Fold, maka stylus ini tak lagi menjadi aksesori eksklusif yang sampai saat ini masih menjadi andalan lini Galaxy Note.

Sehingga, mungkin tak aneh juga apabila Samsung memutuskan untuk tidak meluncurkan suksesor Galaxy Note 20 series.

Kendati demikian, rumor ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Sebab, Samsung saat ini memang belum memberikan konfirmasi apa pun terkait perangkat teranyarnya untuk tahun 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com