Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos

Kompas.com - 17/11/2020, 18:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google memastikan bahwa mulai pertengahan tahun depan, pengguna tak bisa menikmati ruang penyimpanan (storage) tanpa batas (unlimited) secara cuma-cuma di Google Photos.

Kebijakan yang bakal berlaku pada 1 Juni 2021 tersebut sebenarnya masih mengizinkan pengguna untuk menikmati layanan simpan foto dan video ini secara gratis, namun, kapasitasnya dibatasi 15 GB, alih-alih unlimited.

Agar lebih lega, pengguna harus membeli kapasitas tambahan dengan harga mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas 100 GB.

Kebijakan ini agaknya menjadi kabar buruk bagi pengguna yang gemar menikmati layanan penyimpanan foto atau video gratisan dengan kuota storage melimpah.

Baca juga: Tahun Depan, Penyimpanan Unlimited di Google Photos Tidak Gratis Lagi

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada sejumlah layanan penyimpanan foto dan video alternatif yang juga bisa digunakan secara gratis, meskipun tidak unlimited.

Dengan demikian Anda bisa menggunakan layanan tersebut untuk menambah kapasitas penyimpanan cloud Anda. Apa saja?

Berikut ini adalah lima layanan penyimpanan foto selain Google Photos, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Selasa (17/11/2020).

1. Flickr

Ilustrasi Flickr.AndroidAuthority Ilustrasi Flickr.
Flickr merupakan layanan penyimpanan foto dan video gratis yang cukup populer. Layanan yang telah berdiri sejak tahun 2004 ini sebenarnya sempat memberikan storage cuma-cuma yang besarnya mencapai 1 TB.

Baca juga: Flickr Batasi Pengguna Gratis Unggah 1.000 Foto dan Video

Namun, pada akhir 2018 lalu, Flickr mengubah kebijakannya dan mengubah benefit bagi pengguna gratisan, dari storage 1 TB menjadi 1.000 foto per pengguna.

Apabila ingin menikmati media penyimpanan unlimited, pengguna cukup merogoh kocek 7 dolar AS (sekitar Rp 98.000) per bulan. Tertarik? platform Flickr bisa ditelusuri di tautan berikut.

2. Amazon Photos

Ilustrasi Amazon Prime.AndroidAuthority Ilustrasi Amazon Prime.
Selain menawarkan layanan cloud storage Amazon Web Storage, perusahaan teknologi raksasa Amazon juga memiliki layanan simpan foto seperti Google Photos dan Flickr, yakni Amazon Photos.

Layanan ini sebenarnya hanya menawarkan storage untuk menyimpan foto dan video secara cuma-cuma hingga 5 GB untuk pelanggan Amazon Prime yang membayar biaya berlangganan 13 dolar AS (sekitar Rp 182.000) per bulan.

Pengguna juga bisa berlangganan layanan Amazon Drive Storage terjangkau dengan kapasitas storage melimpah, yakni dengan harga 2 dolar AS (sekitar Rp 28.000) untuk 100 GB per bulan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com