Cara Mengubah Akun Google Utama di Ponsel Android

Kompas.com - 17/11/2020, 19:30 WIB
Google User cnet.comGoogle User

KOMPAS.com - Memiliki akun Google menjadi hal yang wajib bagi pengguna Android. Sebab, smartphone berbasis Android butuh sinkronisasi dengan akun Google untuk menyesuaikan pengaturan dan fitur.

Sebenarnya, ponsel Android hanya butuh satu akun Google untuk menyesuaikan pengaturan dan fitur. Namun, tak sedikit pengguna Android memiliki lebih dari satu akun Google untuk kepentingannya di dalam satu ponsel.

Tujuannya pun berbeda, satu akun biasanya digunakan sebagai keperluan personal, kemudian akun lainnya difungsikan untuk urusan pekerjaan atau bisnis.

Apabila sudah menambahkan beberapa akun Google di ponsel Android, tentu harus ada satu akun yang berfungsi sebagai akun default. Artinya, akun tersebut selalu dipakai pertama kali untuk mengakses berbagai layanan Google.

Baca juga: Tahun Depan, Penyimpanan Unlimited di Google Photos Tidak Gratis Lagi

Lantas, bagaimana cara mengubah default akun Google di smartphone Android untuk beralih ke akun lainnya? Berikut langkah-langkahnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari HowToGeek, Selasa (17/11/2020).

Pertama-tama, perlu diingat bahwa jika pengguna memiliki beberapa akun, akun apa pun yang Anda masukkan pertama akan menjadi akun "default" pada ponsel. Sehingga, pengguna harus sign-out terlebih dahulu dari akun tersebut jika ingin mengubahnya.

Untuk itu, pengguna harus membuka opsi pengaturan pada ponsel. Perlu dicatat, menu "Setting" ini akan berbeda-beda setiap perangkat Android.

Cara mengubah default akun Google di AndroidHowToGeek Cara mengubah default akun Google di Android
Agar lebih mudah, pengguna bisa mengetikkkan kata "Google" pada kolom pencarian di menu "setting". Setelah itu, pilih opsi "Google (services and preferences)".

Baca juga: Google Drive yang Tidak Dipakai Terancam Dihapus

Cara mengubah default akun Google di AndroidHowToGeek Cara mengubah default akun Google di Android
Nantinya, akun Google default pada perangkat akan terlihat di bagian atas layar. Kemudian, pilih ikon panah di bawah nama dan gambar profil untuk menampilkan daftar akun.

Cara mengubah default akun Google di AndroidHowToGeek Cara mengubah default akun Google di Android
Selanjutnya, ketuk opsi "Manage Accounts on this Device". Setelah itu, pada halaman utama, pengguna akan melihat daftar semua akun yang terdaftar di perangkat Anda.

Halaman:


Sumber howtogeek
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X