Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah-masalah di PlayStation 5 dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 17/11/2020, 20:10 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony resmi merilis konsol PlayStation 5 ( PS5) di sejumlah negara pada Kamis (12/11/2020) lalu.

Kehadiran konsol next-gen ini tampaknya telah menarik perhatian para gamer. Sebab, hanya dalam hitungan hari, stok PS5 yang dijual secara online di Jepang langsung ludes.

Meski mendapat sambutan hangat, namun PS5 turut mendapat kritik pedas di awal peluncurannya. Tak sedikit dari para pemilik awal PS5 yang mengeluhkan adanya sejumlah bug dan error yang mengganggu. 

Baca juga: Perjalanan PlayStation 5, dari Rumor hingga Bisa Dipesan di Indonesia

Sony sendiri masih belum memberikan pernyataan resmi terkait bagaimana cara mengatasi aneka permasalahan tersebut. Namun, terdapat beberapa cara sederhana yang terbukti dapat menangani masalah-masalah yang dialami pada PS5.

Lantas, masalah apa yang dijumpai pada PS5 dan bagaimana cara mengatasi? Selengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Geek Culture, Selasa (17/11/2020).

1. Game dan aplikasi macet di kolom antrean

Banyak pemain yang mengalami masalah unduhan digital. Game yang harusnya diunduh secara otomatis, justru macet dalam status "Antre untuk diunduh" (Queued for Download).

Masalah tersebut tidak hanya terjadi ketika pengguna mengunduh game saja, melainkan juga berlaku ketika mengunduh aplikasi seperti Netflix dan Disney Plus.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna disarankan untuk mengembalikan pengaturan PS5 ke kondisi awal/pabrik. Apabila masalah tersebut kembali terjadi, maka pengguna mungkin harus melakukan factory reset lagi.

2. Gagal terhubung ke PlayStation Network

Sejumlah pengguna mengaku sulit untuk mengakses layanan PlayStation Network (PSN). Sayangnya, tidak ada cara pasti untuk memperbaiki masalah ini. Pengguna dapat mencoba untuk me-restart koneksi internet yang terkoneksi pada PS5.

Selain itu, pengguna dapat memeriksa status layanan PSN dengan mengunjungi situs resmi PlayStation pada tautan berikut.

3. Tidak dapat melakukan transfer data dari PS4 ke PS5 melalui port USB dan LAN

Ketika pertama kali mengakses PS5, pengguna dapat memilih untuk melakukan transfer data dari PS4 ke PS5. Tentunya, opsi transfer tersebut bersifat tidak bersifat wajib alias dapat dilewati.

Apabila memilih untuk melakukan transfer data ke PS5, maka pengguna disarankan untuk mengirimkan data menggunakan jaringan WiFi, melalui USB via HDD/SSD eksternal, atau kabel LAN.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com