Masalah-masalah di PlayStation 5 dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 17/11/2020, 20:10 WIB
Ilustrasi PS5 dengan controller DualSense. TechspotIlustrasi PS5 dengan controller DualSense.

KOMPAS.com - Sony resmi merilis konsol PlayStation 5 ( PS5) di sejumlah negara pada Kamis (12/11/2020) lalu.

Kehadiran konsol next-gen ini tampaknya telah menarik perhatian para gamer. Sebab, hanya dalam hitungan hari, stok PS5 yang dijual secara online di Jepang langsung ludes.

Meski mendapat sambutan hangat, namun PS5 turut mendapat kritik pedas di awal peluncurannya. Tak sedikit dari para pemilik awal PS5 yang mengeluhkan adanya sejumlah bug dan error yang mengganggu. 

Baca juga: Perjalanan PlayStation 5, dari Rumor hingga Bisa Dipesan di Indonesia

Sony sendiri masih belum memberikan pernyataan resmi terkait bagaimana cara mengatasi aneka permasalahan tersebut. Namun, terdapat beberapa cara sederhana yang terbukti dapat menangani masalah-masalah yang dialami pada PS5.

Lantas, masalah apa yang dijumpai pada PS5 dan bagaimana cara mengatasi? Selengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Geek Culture, Selasa (17/11/2020).

1. Game dan aplikasi macet di kolom antrean

Banyak pemain yang mengalami masalah unduhan digital. Game yang harusnya diunduh secara otomatis, justru macet dalam status "Antre untuk diunduh" (Queued for Download).

Masalah tersebut tidak hanya terjadi ketika pengguna mengunduh game saja, melainkan juga berlaku ketika mengunduh aplikasi seperti Netflix dan Disney Plus.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna disarankan untuk mengembalikan pengaturan PS5 ke kondisi awal/pabrik. Apabila masalah tersebut kembali terjadi, maka pengguna mungkin harus melakukan factory reset lagi.

2. Gagal terhubung ke PlayStation Network

Sejumlah pengguna mengaku sulit untuk mengakses layanan PlayStation Network (PSN). Sayangnya, tidak ada cara pasti untuk memperbaiki masalah ini. Pengguna dapat mencoba untuk me-restart koneksi internet yang terkoneksi pada PS5.

Selain itu, pengguna dapat memeriksa status layanan PSN dengan mengunjungi situs resmi PlayStation pada tautan berikut.

3. Tidak dapat melakukan transfer data dari PS4 ke PS5 melalui port USB dan LAN

Ketika pertama kali mengakses PS5, pengguna dapat memilih untuk melakukan transfer data dari PS4 ke PS5. Tentunya, opsi transfer tersebut bersifat tidak bersifat wajib alias dapat dilewati.

Apabila memilih untuk melakukan transfer data ke PS5, maka pengguna disarankan untuk mengirimkan data menggunakan jaringan WiFi, melalui USB via HDD/SSD eksternal, atau kabel LAN.

Namun ketika tahap ini dilakukan, tak sedikit dari banyak pengguna yang mengaku mengalami gangguan seperti proses transfer yang berlangsung lama. Dalam sejumlah kasus, proses ini bisa mengakibatkan konsol crash.

Baca juga: PS5 Bisa Dipesan di Indonesia Mulai 18 Desember, Ini Harganya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X