Twitter Luncurkan Fleets, Fitur Mirip Instagram Stories

Kompas.com - 18/11/2020, 08:45 WIB
Fitur Fleets di aplikasi Twitter The VergeFitur Fleets di aplikasi Twitter

KOMPAS.com -Setelah diuji coba sejak Juni lalu, fitur Fleets akhirnya resmi diluncurkan Twitter. Negara yang kebagian fitur Fleets di gelombang awal antara lain Brasil, India, Italia, Korea Selatan, dan Jepang.

Pantauan KompasTekno, saat berita ini ditayangkan, fitur Fleets belum tersedia untuk Indonesia. Twitter mengatakan fitur ini akan dirilis ke lebih banyak negara di waktu depan.

Lantas, apa itu Fleets? Twitter Fleets adalah fitur untuk berbagi foto, video, atau konten lainnya dengan durasi tayang 24 jam sebelum terhapus sendiri.

Fitur ini bisa dibilang sangat mirip dengan Instagram Stories. Tidak hanya teks, pengguna dapat mengunggah postingan tweet, foto, dan video di Fleets.

Baca juga: 5 Ide Kreatif untuk Membuat Instagram Stories Terlihat Lebih Unik

Nantinya, unggahan Fleets dari akun yang diikuti akan dijejerkan di sisi atas timeline, layaknya tampilan Instagram Stories.

Twitter tengah mempersiapkan fitur Audio Spacestechcrunch.com Twitter tengah mempersiapkan fitur Audio Spaces

Fleets dari orang yang Anda ikuti dan mengkuti Anda (mutual) akan muncul lebih awal, diikuti oleh akun yang hanya Anda ikuti saja.

Pengguna juga bisa memberikan emoji, like, atau membalas Fleet melalui pesan langsung dan membuat percakapan di sana. Dengan begitu, unggahan tidak akan terlihat publik dan lebih bersifat personal.

Twitter juga diketahui tengah menguji coba fitur bernama "Audio Spaces", yang memungkinkan pengguna membuat ruang obrolan dengan beberapa pengguna lain dalam satu grup.

Baca juga: Lokasi Posting Instagram Stories Bisa Dilihat di Peta, Begini Caranya

"Konten berbentuk audio kini tengah mengalami kemajuan dan sudah banyak diadopsi untuk ruang obrolan virtual," kata Kayvon Beykpour, Product Lead Twitter.

"Kami (Twitter) tertarik untuk menjajaki dan melihat bagaimana platform lain dapat mengembangkan konten audio ini," lanjutnya.

Selain itu, Twitter juga mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan fitur baru untuk memungkinkan pengguna mengunggah kicauan dalam format audio serta menyediakan fitur transkripsi untuk memahami isi pembicaraan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (18/11/2020), fitur transkripsi ini kabarnya sedang diuji coba di Brasil dan akan hadir pada 2021 mendatang.

 



Sumber TechCrunch
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X