Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Layar Gulung Oppo X 2021 Bakal Dibawa ke Indonesia?

Kompas.com - 18/11/2020, 11:05 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi memperkenalkan smartphone purwarupa dengan layar yang bisa digulung (rollable) perdananya, yakni Oppo X 2021. Dengan mekanisme tersebut, luas layar bisa diekspansi ke samping, sehingga lebih luas, dari 6,7 inci menjadi 7,4 inci.

Ponsel ini sendiri diperkenalkan pertama kalinya di China dalam acara Oppo Inno Day 2020  pada Selasa (17/11/2020). Lantas, apakah ponsel layar gulung ini bakal turut diboyong Oppo ke Indonesia?

Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan kejelasan apakah Oppo X 2021 bakal dikenalkan ke publik di Indonesia atau tidak.

Baca juga: Ponsel Masa Depan Oppo, Layar Bisa Diulur Jadi Lebih Luas

Sebab, beragam teknologi yang menyertai produk purwarupa semacam ini kemungkinan masih banyak yang belum sempurna.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, dalam konferensi pers online yang digelar Oppo, Rabu (15/7/2020).KOMPAS.com/Bill Clinten PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, dalam konferensi pers online yang digelar Oppo, Rabu (15/7/2020).
"Mungkin masih banyak teknologi (Oppo X 2021) yang belum sempurna dan masih dikembangkan," ujar Aryo di sesi tanya jawab Zoom, Selasa (17/11/2020).

"Untuk menghindari itu dan berdasarkan kebijakan dari pusat, kami belum bisa memastikan apakah Oppo X 2021 akan dibawa ke Indonesia atau tidak," imbuh Aryo.

Terlepas dari kepastian yang masih misterius, Aryo sendiri mengutarakan bahwa sebenarnya permasalahannya bukan di teknologi atau kebijakan, melainkan masalah kondisi yang tidak memungkinkan untuk memboyong sebuah produk prototipe ke Tanah Air.

"Satu hal yang paling merepotkan itu justru bagaimana produk prototipe itu bisa sampai ke Indonesia, apalagi di tengah situasi (pandemi) seperti ini," tutur Aryo.

Aryo menambahkan, apabila melihat gelaran Oppo Inno Day 2019 yang sempat KompasTekno hadiri tahun lalu, Indonesia juga tidak disambangi oleh beragam perangkat prototipe yang diumumkan di gelaran tersebut, bahkan hingga saat ini.

Baca juga: Video Prototipe Ponsel Layar Gulung Buatan TCL, Begini Cara Kerjanya

Artinya, aneka perangkat yang dipamerkan di gelaran Oppo Inno Day agaknya hanya eksklusif ditampilkan, atau bisa dijajal di acara tersebut saja.

Kenapa pakai layar gulung?

Selain hal tersebut, Aryo juga membeberkan alasan mengapa Oppo X 2021 mengusung teknologi layar rollable, alih-alih layar tekuk (foldable) yang belakangan marak diadopsi vendor smartphone.

Menurut Aryo, layar foldable saat ini sudah termasuk kategori layar yang "kuno".

"Oppo tidak ingin mengembangkan layar tradisional, dan layar tekuk itu termasuk layar tradisional. Sebab, layar tekuk itu masih terlihat oleh mata, dan sedikit tidak lebih modern dibanding layar gulung," kata Aryo.

Adapun kehadiran Oppo X 2021 sendiri merupakan upaya perusahaan untuk menyematkan teknologi layar gulung ke dalam sebuah smartphone, alih-alih produk yang mempunyai layar dan sekadar menyala tanpa memiliki fungsi "pintar".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com