MediaTek Akuisisi Bisnis Chip Intel Enpirion Senilai Rp 1,2 Triliun

Kompas.com - 19/11/2020, 07:08 WIB
Ilustrasi chip Intel Enpirion. GSMArenaIlustrasi chip Intel Enpirion.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com- Pabrikan chip MediaTek resmi mengumumkan rencana perusahaan untuk mencaplok bisnis chip Intel Enpirion dengan nilai akuisisi 85 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,2 triliun (kurs rupiah saat berita ini ditulis).

Alih-alih diurus langsung di bawah nama MediaTek, bisnis Intel yang bakal dibeli ini akan dipegang oleh anak perusahaan MediaTek yang bergerak di bidang integrated circuit (IC) dan daya (power), yaitu Richtek.

Dengan akuisisi tersebut, Mediatek memiliki misi untuk melebarkan sayap mereka ke bisnis power management tools. Sehingga, skala bisnis perusahaan chip asal Taiwan ini semakin besar, serta lini produk yang ditawarkan semakin banyak.

Baca juga: MediaTek Luncurkan Chipset Dimensity 700 untuk Ponsel 5G Kelas Menengah

Adapun Intel Enpirion sendiri merupakan divisi bisnis Intel yang memanufaktur chip penghubung pemasok daya (power supply) -biasanya baterai- dengan komponen lainnya yang berupa IC, seperti chip FPGA, ASIC, hingga CPU.

Kendati sudah diumumkan, belum diketahui pasti kapan akuisisi ini akan rampung. Sebab,  kedua perusahaan masih menunggu persetujuan dari pemerintah dan dokumen terkait.

MediaTek sendiri menargetkan proses akuisisi bakal selesai sebelum tahun 2021, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (19/11/2020). Intel belakangan telah melepas beberapa bisnisnya ke pihak lain.

Baca juga: Inikah Alasan Apple Tinggalkan Chip Intel?

Pada Oktober lalu, Intel keluar dari bisnis penyimpanan solid state drive (SSD) dengan menjual bisnis tersebut ke perusahaan semikonduktor asal Korea Selatan, SK Hynix senilai 9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 132 triliun (nilai tukar rupiah saat itu).

Kemudian sekitar Juli tahun lalu, Intel juga telah sepakat menjual bisnis modem 5G mereka ke Apple dengan nilai akuisisi mencapai 1 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 13 triliun (nilai tukar rupiah saat itu.



Sumber GSM Arena
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X