Bos Twitter dan Facebook Beda Pendapat soal Medsos Bikin "Nyandu"

Kompas.com - 19/11/2020, 15:31 WIB
Ilustrasi media sosial. DW INDONESIAIlustrasi media sosial.

KOMPAS.com - CEO Facebook, Mark Zuckerberg dan CEO Twitter, Jack Dorsey dipanggil oleh DPR AS, untuk dimintai keterangannya soal soal moderasi konten, serta apa saja yang mereka lakukan dalam menjaga Pemilu Presiden AS.

Dalam sesi dengar pendapat Selasa (17/11/2020) lalu, salah seorang senator, Lindsey Graham melontarkan pertanyaan kepada Zuckerberg dan Dorsey, terkait efek kecanduan yang ditimbulkan oleh platform media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Sebab, faktanya tak sedikit dari pengguna media sosial yang merasa kecanduan dan tidak bisa lepas dari genggaman dunia maya.

Baca juga: WHO Tetapkan Kecanduan Game sebagai Masalah Kesehatan

Secara mengejutkan, keduanya menanggapi pertanyaan itu dengan jawaban yang berbeda. Di satu sisi, Dorsey mengaku bahwa Twitter memang dapat membuat para penggunanya kecanduan. Namun Zuckerberg berpandangan lain.

"Saya pikir, seperti yang lainnya, media sosial dapat menimbulkan efek ketagihan dan kami menyadari hal tersebut. Oleh sebab itu, kami turut memastikan agar para pelanggan kami bisa sadar akan cara penggunaan (media sosial) yang lebih baik," kata Dorsey.

Sementara di sisi lain, pandangan Zuckerberg sepenuhnya bertolak belakang dengan apa yang disampaikan Dorsey.

Menurut Zuckerberg, ia belum melihat langsung studi yang menunjukkan bahwa Facebook bisa membuat ketagihan para penggunanya.

"Dari apa yang saya lihat sejauh ini, (studi) itu tidak meyakinkan," ungkap Zuckerberg sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Begini Cara Mengurangi Kecanduan Media Sosial Menurut Psikolog

Ia turut menegaskan bahwa sebagian besar studi yang dilakukan di lapangan justru membuktikan bahwa banyak masyarakat yang tidak menganggap Facebook sebagai sumber masalah, apalagi menimbulkan kecanduan.

Namun keduanya setuju untuk menerapkan kontrol, agar pengguna sadar dan menggunakan media sosial sebagai sarana bantu dengan lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X