Rangkuman Review MacBook "Berotak" Apple M1, dari Performa hingga Baterai

Kompas.com - 20/11/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi chip Apple M1 AppleIlustrasi chip Apple M1

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Apple meluncurkan MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini dengan chip buatan sendiri, yakni Apple M1, alih-alih chip Intel Core seperti generasi sebelumnya.

Dengan chip tersebut, perusahaan asal Cupertio, California, AS itu mengeluarkan begitu banyak peningkatan di berbagai aspek.

Di antaranya seperti performa chip yang 3,5x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya, daya tahan baterai yang 2x lebih awet, dan lain sebagainya.

Untuk membuktikan aneka klaim tersebut, beberapa YouTuber pengulas gawai ramai-ramai membuat video yang mengulas performa perangkat Mac "berotak" Apple M1, terutama MacBook Pro 13 inci.

Baca juga: Seberapa Kuat Chip Apple M1 di MacBook Air Terbaru?

Tiga di antaranya adalah Marquess Brownlee (MKBHD), Dave Lee, dan pengulas dari situs TheVerge. Lantas, seperti apa hasilnya?

Performa jempolan

Dalam sebuah video bertajuk "Apple M1 Mac Review: Time to Recalibrate!", Marquess mengklaim performa chip Apple M1 di MacBook Pro 13 inci sangat cepat dan mampu mengalahkan generasi sebelumnya yang ditenagai Intel Core.

"MacBook Pro 13 inci memiliki skor performa Geekbench single-core sebesar 1.744 poin, mengalahkan seluruh Mac 'berotak' Intel yang pernah dibuat Apple," kata Marquess.

Untuk proses rendering (video 15 menit) di Final Cut Pro, MacBook Pro 13 inci milik Marquess ternyata hanya membutuhkan waktu sekitar 12 menit 48 detik, sedangkan MacBook Pro 16 inci (2019) lebih cepat dengan 10 menit 50 detik.

Meski demikian, kipas di MacBook Pro 16 inci (2019), menurut Marquess, berputar sangat kencang dan berisik ketika proses rendering, sedangkan MacBook Pro 13 inci terbilang cukup senyap.

Pengulas lain, Dave, juga berpendapat bahwa performa Apple M1 di MacBook Pro 13 inci terbaru miliknya jempolan.

Baca juga: Mengenal Apple M1, Chip ARM Pengganti Intel di MacBook Terbaru

Ia lantas melakukan beragam benchmark, salah satunya adalah proses rendering video berdurasi 10 menit di Final Cut Pro.

Hasilnya, proses rendering di MacBook Pro 13 inci ternyata sedikit lebih lama dibanding MacBook Pro 16 inci (2019), dengan selisih waktu sekitar 27 detik.

"Final Cut di Apple M1 memiliki performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya, dengan proses rendering yang setara dengan MacBook Pro 16 inci (2019)," tutur Dave dalam video berjudul "M1 MacBook Review + Mac Mini".

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X