Anak Anda Main TikTok, Ini Fitur Baru untuk Pembatasan Pemakaian

Kompas.com - 21/11/2020, 07:08 WIB
Ilustrasi TikTok2 India TVNewsIlustrasi TikTok2
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Platform berbagi video pendek TikTok bisa dibilang kian digandrungi oleh para remaja, termasuk anak-anak.

Konten yang tersiar di TikTok sendiri beragam, mulai dari konten lucu, konten berita, hingga konten yang termasuk dalam kategori tidak pantas untuk dilihat oleh anak-anak di bawah umur.

Untuk mencegah aneka konten "berbahaya" tersebut dilihat oleh anak-anak, TikTok merilis sederet fitur anyar ekstra pada fitur kontrol orangtua ( parental control) bernama Family Pairing.

Deretan fitur pengawasan anak ini dibeberkan dalam sebuah pengumuman di blog resmi TikTok. Sebagian fitur ini sebenarnya telah diperkenalkan pada April lalu, kini sudah orangtua sudah bisa menggunakan secara penuh.

Salah satu yang baru adalah fitur Search, yang seperti namanya, membatasi akun anak-anak menggunakan fitur pencarian reguler di TikTok. Fitur ini sendiri biasanya digunakan untuk mencari konten, musik, akun TikTok, dan lain sebagainya.

Kemudian, ada fitur yang bisa membatasi siapa saja yang bisa mengomentari postingan akun anak pengguna. Pilihannya mencakup teman (friends), seluruh orang (everyone), atau tidak satupun orang yang bisa mengomentari postingan anak (no one).

Baca juga: TikTok Ungkap Alasan Video Pengguna Dihapus

Ilustrasi fitur Family Pairing yang sudah dilengkapi dengan sederet fitur baru.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi fitur Family Pairing yang sudah dilengkapi dengan sederet fitur baru.

Ada pula fitur Discoverability yang bisa mengubah akun anak-anak menjadi private, alias tidak bisa dicari di TikTok, serta fitur untuk melindungi konten apa saja yang sudah disukai (like) oleh anak-anak.

Nah, fitur-fitur anyar ini, pantauan KompasTekno, Jumat (20/11/2020), sudah bisa diaktifkan di aplikasi TikTok melalui menu Family Pairing di menu pengaturan (Settings).

Perlu dicatat, sebelum memakai fitur Family Pairing, para orangtua diwajibkan untuk menghubungkan (link) akun TikTok mereka ke akun anak terlebih dahulu.

Baca juga: Induk TikTok Luncurkan Gadget Ramah Anak

Tambahan dari fitur yang sudah ada

Sebagai informasi, seluruh fitur baru ini merupakan pelengkap dari aneka fitur Family Pairing yang sudah ada di TikTok sejak berbulan-bulan lalu.

Beberapa di antaranya mencakup Screen Time Management untuk membatasi penggunaan TikTok, serta Restricted Mode untuk membatasi konten agar aman dlihat anak-anak, sebagaiana dirangkum KompasTekno dari NewsroomTikTok, Sabtu (21/11/2020).

Ada pula fitur pembatasan Direct Message (DM) yang bisa memblokir siapa saja yang bisa berkirim pesan pribadi ke anak-anak via TikTok.

Sehingga para orangtua agaknya tidak perlu khawatir anak mereka dikirimi dengan aneka DM berbahaya.



Sumber TikTok
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X