Begini Cara Backup Data Game PS4 ke Flashdisk

Kompas.com - 21/11/2020, 18:19 WIB
Ilustrasi controller Dualshock 4 untuk PS4. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi controller Dualshock 4 untuk PS4.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Ketika kita bermain game di platform manapun, menyimpan (save) data jalannya game bisa dibilang hal yang perlu dilakukan. Sebab, dengan menyimpan data tersebut, kita bisa rehat sejenak dan melanjutkan game di kemudian hari tanpa harus mengulangnya dari awal.

Pada berbagai perangkat, seperti PC hingga konsol PlayStation 4 ( PS4), data game yang tersimpan bisa saja rusak atau corrupt karena kesalahan hardware.

Nah, agar tidak terjadi beragam hal yang tidak diinginkan terkait save data, pemain PS4 bisa mencadangkan file tersebut ke flashdisk atau harddisk eksternal.

Lantas, bagaimana caranya? Mari ikuti langkah-langkah yang disusun KompasTekno, Sabtu (21/11/2020).

Cara menyalin save data game PS4 ke USB flash drive.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menyalin save data game PS4 ke USB flash drive.
Pertama-tama, sambungkan flasdisk atau harddisk eksternal melalui port USB pada bagian depan PS4. Setelah itu, masuklah ke menu pengaturan PS4 dan pilih opsi "Settings" dengan menekan tombol bulat pada controller.

Baca juga: Beda dari PS4, PS5 Tak Bisa Simpan Data Save Game ke Flashdisk

Kemudian, pengguna akan disodori dengan beragam menu pengaturan sistem PS4. Di sini, pilih menu "Application Saved Data Management".

Di menu selanjutnya, pilih "Saved Data in System Storage" dan pilih "Copy to USB Storage Device". Setelah itu di halaman berikutnya, pemain bisa melihat daftar game PS4 apa saja yang datanya tersimpan di dalam sistem.

Ilustrasi daftar save data game Spider-Man: Miles Morales yang akan disalin ke USB flash drive.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi daftar save data game Spider-Man: Miles Morales yang akan disalin ke USB flash drive.
Pada bagian ini, pilih salah satu game yang dimainkan dan pilih data mana saja yang ingin disalin ke flashdisk. Apabila sudah memilih, klik tombol "Copy".

Setelah meng-klik tombol tersebut, PS4 bakal memulai proses penyalinan atau back up data dari sistem ke flashdisk.

Nah, apabila pengguna ingin lebih aman, mereka bisa menyalin kembali data yang sudah tersimpan di flashdisk tadi ke komputer.

Baca juga: Sony Buka Suara soal Nasib PS4 Setelah PS5 Meluncur

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X