Layar iPhone 12 Dikeluhkan Jadi Hijau

Kompas.com - 22/11/2020, 07:58 WIB
iPhone 12. AppleiPhone 12.

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone 12 beberapa waktu lalu. Meski disambut antusias oleh penggemar Apple, namun, kehadiran iPhone seri terbaru ini turut dibayangi sejumlah masalah.

Masalah yang ditemukan seperti hilangnya sinyal pada iPhone 12, hingga tidak munculnya pesan dan notifikasi baru di perangkat.

Baru-baru ini, ditemukan masalah baru. Sejumlah pengguna iPhone 12 melaporkan adanya masalah pada bagian layar. Layar ponsel mendadak berubah menjadi hijau di waktu tertentu.

Keluhan terkait masalah ini muncul di sejumlah forum online, termasuk di forum MacRumors dan Apple Support Community tidak lama setelah iPhone 12 diluncurkan.

Baca juga: iPhone 12 Dapat Restu Kominfo, Ini Perkiraan Kapan Dijual di Indonesia

Dalam beberapa kasus tertentu, warna layar ponsel berubah menjadi kuning dan bahkan mengalami flickering, sebuah kondisi di mana timbulnya garis-garis cahaya mengganggu di layar ponsel.

Layar iPhone 12 yang berubah menjadi hijauMacRumor Layar iPhone 12 yang berubah menjadi hijau
Gangguan tersebut rupanya terjadi di lini iPhone 12, khususnya yang telah menjalankan sistem operasi iOS 14.1, iOS 14.2, dan iOS 14.3 versi beta.

Menurut pemilik perangkat yang terdampak, masalah ini mulai muncul ketika tingkat pencahayaan (brightness) layar perangkat berada di angka sekitar 90 persen atau lebih rendah.

Apple pun sudah mengetahui adanya masalah ini dan telah mengirim dokumen internal perusahaan yang dikirim kepada Apple Authorized Service Providers.

Baca juga: Menerka Harga iPhone 12 di Indonesia, Bakal Semahal Apa?

Dalam dokumen tersebut, Apple mengimbau kepada para teknisi agar tidak melakukan servis pada iPhone yang terpengaruh dan mengingatkan pelanggan agar selalu memperbarui iPhone mereka dengan versi iOS terbaru.

Panduan ini mengindikasikan bahwa masalah tersebut berasal dari software, bukan hardware. Sehingga Apple yakin dapat memperbaiki masalah melalui pembaruan perangkat lunak di masa mendatang.

Dihimpun KompasTekno dari Mac Rumors, Minggu (22/11/2020), masalah ini bukanlah kali pertama yang menimpa para pengguna Apple.

Pada Juni lalu, masalah serupa pernah terjadi di sejumlah iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Apple kemudian berhasil memperbaiki masalah tersebut melalui pembaruan software iOS 13.6.1.

Baca juga: Dibongkar, Kapasitas Baterai iPhone 12 Pun Terungkap




Sumber Mac Rumors
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X