Aplikasi Go SMS Pro Bocorkan Isi Pesan Pengguna ke Internet

Kompas.com - 22/11/2020, 15:06 WIB
Aplikasi perpesanan Go SMS Pro diketahui mengunggah isi pesan pengguna ke internet. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMOAplikasi perpesanan Go SMS Pro diketahui mengunggah isi pesan pengguna ke internet.

KOMPAS.com - Berhati-hatilah jika Anda masih menggunakan aplikasi perpesanan Go SMS Pro yang populer di Google Play Store. Sebab, aplikasi ini mengunggah isi pesan penggunanya di internet.

Aplikasi perpesanan ini sudah populer sejak lama. Bahkan hingga saat ini, Go SMS Pro sudah diinstal sebanyak lebih dari 100 juta kali oleh pengguna Android di dunia.  

Firma keamanan siber Trustwave Spiderlabs yang menemukan adanya masalah keamanan ini. Trustwave pertama kali mendapati celah ini pada aplikasi Go SMS Pro versi 7.91. Namun, ada kemungkinan bahwa masalah keamanan sudah telah muncul sejak versi sebelumnya.

Serupa dengan aplikasi pesan singkat pada umumnya, Go SMS Pro memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan berisi teks, gambar, video, hingga voice note melalui MMS.

Go SMS Pro mengunggah setiap file media yang dikirimkan pengguna ke internet dan membuatnya mudah diakses melalui URL.

Baca juga: Ratusan Aplikasi Android Terjangkit Malware Mata-mata dan Pencuri Data

Ketika pengguna mengirim media melalui Go SMS Pro seperti misalnya video atau foto, aplikasi akan mengunggah konten yang dikirim ke server dan membuat link untuk membuka file tersebut.

Inilah yang menjadi masalah. URL tersebut tidak dilengkapi dengan sistem keamanan atau otentikasi sehingga dapat diakses oleh siapa saja. Selain itu URL atau link yang dibuat oleh aplikasi tersebut dapat diprediksi dengan mudah.

"Kami menemukan nomor telepon seseorang, screenshot dari transfer bank, alamat rumah seseorang, foto, hingga catatan kriminal pengguna," ungkap Zack Whittaker, penulis media teknologi Tech Crunch yang ikut meneliti kasus ini. 

Dengan diunggahnya isi pesan tersebut, ada potensi kebocoran data pribadi pengguna yang sangat besar.

Baca juga: Pengembang Aplikasi Muslim Pro Angkat Bicara Terkait Tuduhan Jual Data Pengguna

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (21/11/2020), pihak Trustwave telah mencoba menghubungi pengembang Go SMS Pro sejak 18 Agustus lalu, namun, tidak membuahkan hasil.

Pengembang Go SMS Pro pun tidak memberikan respon secara resmi. Halaman resmi pengembang yang tercantum di Google Play Store pun sudah tidak dapat diakses.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X