Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Baru yang Berguna di WhatsApp dan Cara Memakainya

Kompas.com - 22/11/2020, 18:55 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp, sang penyedia layanan pesan instan terpopuler di dunia, belakangan rajin menelurkan fitur-fitur baru untuk aplikasi chatting besutannya.

Ada banyak fungsi menarik yang ditambahkan lewat rangkaian fitur ini, seperti misalnya pesan yang bisa menghilang sendiri dan manajemen storage untuk menghemat pemakaian memori ponsel.

Baca juga: Cek Hoaks di WhatsApp lewat Chatbot Kalimasada, Begini Caranya

Nah, KompasTekno telah mengumpulkan lima fitur baru yang berguna dalam aktivitas obrolan pesan singkat sehari-hari, berikut cara memakainya. Kelima fitur ini sudah bisa dipakai oleh para pengguna WhatsApp di Indonesia. Selengkapnya sebagai berikut.

1. Always Mute

Cara mengaktifkan fitur Always Mute di WhatsApp.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Always Mute di WhatsApp.
Sering terganggu oleh notifikasi pesan dari orang lain atau grup yang ramai? Always Mute bisa membantu. Seperti namanya, fitur Always Mute memiliki fungsi untuk membungkam (mute) notifikasi percakapan grup atau pribadi selamanya.

Sebelum kehadiran Always Mute, pengguna WhatsApp hanya bisa mematikan notifikasi di grup WhatsApp paling lama setahun.

Opsi Always Mute sendiri menggantikan durasi mute selama satu tahun. Sementara opsi mute lainnya masih sama, yakni berdurasi delapan jam dan seminggu.

Baca juga: WhatsApp Bakal Ganti Fitur Arsip dengan Read Later, Apa Fungsinya?

Adapun cara untuk mute notifikasi selamanya mudah saja. Pertama-tama, buka WhatsApp dan tekan (hold) percakapan grup atau pribadi yang ingin dimatikan notifikasinya hingga muncul tanda centang.

Lalu, klik ikon yang menyerupai speake  di bagian kanan atas tampilan dan pilih opsi "Always". Setelah itu, klik tombol "OK".

2. Advanced Search

Cara menggunakan fitur Advanced Search di WhatsApp.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menggunakan fitur Advanced Search di WhatsApp.

Berbeda dari fitur Search biasa, Advanced Search bisa mencari pesan di WhatsApp secara spesifik berdasarkan jenisnya.

Fitur pencarian yang lebih canggih ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna ketika ingin menelusuri file berupa foto, video, audio, dokumen, link, atau stiker GIF yang pernah dikirim melalui aplikasi perpesanan tersebut.

Untuk cara menggunakannya, pengguna cukup meng-klik ikon Search di sebelah kanan atas tampilan utama WhatsApp yang berbentuk seperti kaca pembesar.

Setelah itu, WhatsApp akan menampilkan kategori file apa yang akan dicari misalnya foto, video, audio, tautan, GIF, hingga dokumen.

Kemudian, pilih salah satu jenis file yang ingin dicari dan WhatsApp akan menyortir pesan berdasarkan jenis tersebut.

Pengguna lantas bisa dengan mudah mengetikkan kata kunci yang berkaitan untuk mempermudah pencarian.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com