5 Fitur Baru yang Berguna di WhatsApp dan Cara Memakainya

Kompas.com - 22/11/2020, 18:55 WIB
Ilustrasi WhatsApp PhoneArenaIlustrasi WhatsApp
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - WhatsApp, sang penyedia layanan pesan instan terpopuler di dunia, belakangan rajin menelurkan fitur-fitur baru untuk aplikasi chatting besutannya.

Ada banyak fungsi menarik yang ditambahkan lewat rangkaian fitur ini, seperti misalnya pesan yang bisa menghilang sendiri dan manajemen storage untuk menghemat pemakaian memori ponsel.

Baca juga: Cek Hoaks di WhatsApp lewat Chatbot Kalimasada, Begini Caranya

Nah, KompasTekno telah mengumpulkan lima fitur baru yang berguna dalam aktivitas obrolan pesan singkat sehari-hari, berikut cara memakainya. Kelima fitur ini sudah bisa dipakai oleh para pengguna WhatsApp di Indonesia. Selengkapnya sebagai berikut.

1. Always Mute

Cara mengaktifkan fitur Always Mute di WhatsApp.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Always Mute di WhatsApp.
Sering terganggu oleh notifikasi pesan dari orang lain atau grup yang ramai? Always Mute bisa membantu. Seperti namanya, fitur Always Mute memiliki fungsi untuk membungkam (mute) notifikasi percakapan grup atau pribadi selamanya.

Sebelum kehadiran Always Mute, pengguna WhatsApp hanya bisa mematikan notifikasi di grup WhatsApp paling lama setahun.

Opsi Always Mute sendiri menggantikan durasi mute selama satu tahun. Sementara opsi mute lainnya masih sama, yakni berdurasi delapan jam dan seminggu.

Baca juga: WhatsApp Bakal Ganti Fitur Arsip dengan Read Later, Apa Fungsinya?

Adapun cara untuk mute notifikasi selamanya mudah saja. Pertama-tama, buka WhatsApp dan tekan (hold) percakapan grup atau pribadi yang ingin dimatikan notifikasinya hingga muncul tanda centang.

Lalu, klik ikon yang menyerupai speake  di bagian kanan atas tampilan dan pilih opsi "Always". Setelah itu, klik tombol "OK".

2. Advanced Search

Cara menggunakan fitur Advanced Search di WhatsApp.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menggunakan fitur Advanced Search di WhatsApp.

Berbeda dari fitur Search biasa, Advanced Search bisa mencari pesan di WhatsApp secara spesifik berdasarkan jenisnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X