Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2020, Masih Ada yang Pakai Password Gampang Ditebak

Kompas.com - 23/11/2020, 11:28 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada era digital, penggunaan password atau kata sandi sangat penting demi menjaga keamanan akun-akun media sosial maupun layanan digital lainnya.

Sayangnya, masih belum banyak masyarakat yang paham pentingnya membuat kata sandi yang "unik" untuk mencegah peretasan.

Menurut laporan dari NordPass, penyedia layanan password manager, ada sekitar 200 password rentan yang masih banyak digunakan pengguna internet.

Salah satunya adalah kata sandi "12345" yang masih sering digunakan banyak orang hingga tahun 2020.

Laporan itu menganalisis lebih dari 275 juta password yang berhasil diretas hacker sepanjang 2020. Beberapa password yang ditemukan, bisa diretas oleh hacker dalam waktu kurang dari satu hingga dua detik saja.

Hanya 44 persen dari total password yang diteliti, masuk dalam kategori "unik". Password "unik" sendiri biasanya merupakan kombinasi dari susunan huruf, angka, dan simbol yang sulit diterka oleh peretas.

Selain "12345", NordPass juga menemukan password lain yang rentan diretas dan masih digunakan di tahun 2020.

Adapun password rentan yang bisa diretas kurang dari satu detik di antaranya "123456", "123456789", "password", "12345678", "111111", "123123", dan "1234567890".

Kemudian ada password lain yang juga mudah diretas, yakni "senha" dengan waktu perkiraan retasan 10 detik.

Ada pula password "picture1" yang membutuhkan waktu agak lama untuk diretas, yakni sekitar 3 jam dengan cara brute-force attack.

Baca juga: Hati-hati, 25 Aplikasi Android Ini Bisa Curi Password Facebook

Serangan peretasan ini cukup populer untuk membobol kata sandi dengan cara mencoba setiap kemungkinan password. Biasanya, peretas coba mengombinasikan susunan huruf, angka, dan simbol untuk membentuk satu kata tertentu.

Daftar 10 password teratas yang banyak digunakan dan mudah diretas hacker menurut laporan NordPass.NordPass Daftar 10 password teratas yang banyak digunakan dan mudah diretas hacker menurut laporan NordPass.
Tips membuat password

Bisa dibilang, membuat password yang aman membutuhkan cara yang agak "tricky". Tidak sekadar mengombinasikan huruf, angka, dan simbol saja.

Dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Senin (23/11/2020), sebaiknya, saat membuat password, hindari pola atau pengulangan. Misalnya menggunakan huruf atau angka yang letaknya bersebalahan di keyboard, seperti "qwerty" atau "121212".

Kemudian, taruh huruf, simbol, dan angka di tempat yang tak terduga dalam susunan kata sandi. Hindari menggunakan informasi pribadi sebagai password, seperti tanggal lahir atau nama Anda sendiri.

Sebaiknya, masing-masing akun memiliki password yang berbeda. Apabila sulit mengingat masing-masing password, bisa menggunakan bantuan aplikasi password manager seperti NordPass, Dahslane, 1Password, dan sebagainya.

Daftar lengkap 200 password rentan yang sebaiknya dihindari, bisa dilihat di tautan berikut.

Baca juga: Viral Unggahan Password Wifi Sangat Panjang, Ini Cerita Pembuatnya...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com