Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Dikabarkan Putus Hubungan dengan Leica, Benarkah?

Kompas.com - 23/11/2020, 13:15 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama Leica selalu tersemat di kamera ponsel-ponsel bikinan Huawei, mulai dari seri P9 hingga Mate 40 yang terbaru. Namun, belakangan muncul rumor bahwa kedua perusahaan itu putus hubungan.

"Kerja sama antara Huawei dan Leica sudah berakhir," demikian bunyi posting dari pembocor bernama Digital Chat Station di jejaring sosial Weibo yang menjadi asal muasal gosip.

Sang pembocor dikenal kerap memberikan informasi akurat soal perangkat yang belum diluncurkan, tapi kata-katanya kali ini segera ditepis oleh Huawei. Seorang juru bicara Huawei berkata bahwa rumor tersebut bohong belaka.

Sebagaimana dihiimpun KompasTekno, Senin (23/11/2020), saat dimintai konfimasi, perwakilan Leica juga mengatakan bahwa pihaknya "tidak mengetahui informasi soal penghentian kerja sama dimaksud".

Leica sendiri merupakan pabrikan kamera terkenal yang berbasis di Jerman. Perusahaan ini menjalin kemitraan dengan Huawei sejak tahun 2016. Produk pertama dari keduanya adalah ponsel flagship Huawei P9 yang dibekali kamera utama 12 MP berikut kamera monokrom 12 MP.

Baca juga: Huawei Pastikan Jual Bisnis Ponsel Honor, Ini Alasannya

Selain merancang kamera, Leica juga menyumbang algoritma pengolah gambar yang menambah warna khas pada foto-foto jepretan ponsel Huawei. Adapun komponen sensornya dibuat oleh Sony.

Ponsel Huawei Mate 40 Pro PlusHuawei Ponsel Huawei Mate 40 Pro Plus
Kolaborasi Huawei dengan Leica terbukti berhasil menelurkan kamera yang andal. Ponsel-ponsel Huawei rutin menempati urutan teratas di DxOMark yang menjadi acuan benchmark di dunia digital imaging.

Ponsel terbaru yang mengusung kamera hasil racikan Huawei dan Leica adalah jajaran flagship Mate 40 Pro yang diluncurkan pada Oktober lalu.

Model teratasnya, Mate 40 Pro Plus, dibekali dengan lima kamera belakang yang teridir dari kamera utama 50 MP (wide, f/1.9), kamera telephoto 12 MP (f/2.4, 3x optical zom), kamera telephoto 8 MP dengan lensa periskop (f/4.4, optical zoom 10x), kamera ultra wide 20 MP (f/2.4) dan kamera ToF 3D.

Baca juga: Huawei Mate 40, Mate 40 Pro, dan Mate 40 Pro Plus Resmi Meluncur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com