Huawei Dikabarkan Putus Hubungan dengan Leica, Benarkah?

Kompas.com - 23/11/2020, 13:15 WIB
Huawei P9 yang menggunakan kamera hasil kerja sama dengan Leica PetaPixelHuawei P9 yang menggunakan kamera hasil kerja sama dengan Leica
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Nama Leica selalu tersemat di kamera ponsel-ponsel bikinan Huawei, mulai dari seri P9 hingga Mate 40 yang terbaru. Namun, belakangan muncul rumor bahwa kedua perusahaan itu putus hubungan.

"Kerja sama antara Huawei dan Leica sudah berakhir," demikian bunyi posting dari pembocor bernama Digital Chat Station di jejaring sosial Weibo yang menjadi asal muasal gosip.

Sang pembocor dikenal kerap memberikan informasi akurat soal perangkat yang belum diluncurkan, tapi kata-katanya kali ini segera ditepis oleh Huawei. Seorang juru bicara Huawei berkata bahwa rumor tersebut bohong belaka.

Sebagaimana dihiimpun KompasTekno, Senin (23/11/2020), saat dimintai konfimasi, perwakilan Leica juga mengatakan bahwa pihaknya "tidak mengetahui informasi soal penghentian kerja sama dimaksud".

Leica sendiri merupakan pabrikan kamera terkenal yang berbasis di Jerman. Perusahaan ini menjalin kemitraan dengan Huawei sejak tahun 2016. Produk pertama dari keduanya adalah ponsel flagship Huawei P9 yang dibekali kamera utama 12 MP berikut kamera monokrom 12 MP.

Baca juga: Huawei Pastikan Jual Bisnis Ponsel Honor, Ini Alasannya

Selain merancang kamera, Leica juga menyumbang algoritma pengolah gambar yang menambah warna khas pada foto-foto jepretan ponsel Huawei. Adapun komponen sensornya dibuat oleh Sony.

Ponsel Huawei Mate 40 Pro PlusHuawei Ponsel Huawei Mate 40 Pro Plus
Kolaborasi Huawei dengan Leica terbukti berhasil menelurkan kamera yang andal. Ponsel-ponsel Huawei rutin menempati urutan teratas di DxOMark yang menjadi acuan benchmark di dunia digital imaging.

Ponsel terbaru yang mengusung kamera hasil racikan Huawei dan Leica adalah jajaran flagship Mate 40 Pro yang diluncurkan pada Oktober lalu.

Model teratasnya, Mate 40 Pro Plus, dibekali dengan lima kamera belakang yang teridir dari kamera utama 50 MP (wide, f/1.9), kamera telephoto 12 MP (f/2.4, 3x optical zom), kamera telephoto 8 MP dengan lensa periskop (f/4.4, optical zoom 10x), kamera ultra wide 20 MP (f/2.4) dan kamera ToF 3D.

Baca juga: Huawei Mate 40, Mate 40 Pro, dan Mate 40 Pro Plus Resmi Meluncur



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X