Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapchat Perkenalkan Spotlight, Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Kompas.com - 24/11/2020, 13:05 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Snapchat rupanya tak mau ketinggalan demam video ala TikTok yang tengah melanda media-media sosial. Pelopor konten model stories itu pun memperkenalkan Spotlight, sebuah tab khusus di aplikasinya yang berisi video-video pendek.

Durasi maksimal video Spotlight adalah 60 detik. Tampilan antarmukanya di aplikasi mirip dengan halaman "For You" (FYP) di TikTok.

Pengguna bisa mengusap (swipe) layar ke atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang dibuat pengguna lain), dan mengusap layar ke bawah untuk menyaksikan konten yang sudah dilihat sebelumnya.

Baca juga: Anak Anda Main TikTok, Ini Fitur Baru untuk Pembatasan Pemakaian

Sama seperti FYP, Spotlight juga mengandalkan algoritma agar konten-konten yang ditampilkan sesuai dengan aktivitas, hobi, atau minat pengguna.

Meski demikian, konten yang diunggah ke Spotlight tidak bisa dikomentari seperti video TikTok. Sebagai gantinya, pengguna bisa memberikan likes dan membagikan (forward) konten tersebut ke teman-teman.

Pengguna bisa membuat video Spotlight dengan cara membuka aplikasi Snapchat dan merekam video, atau membuat Snap seperti biasa. VIdeo kemudian bisa ditambahi efek, stiker, musik, dan lain sebagainya.

Cara membuat Spotlight di Snapchat.TechSpot Cara membuat Spotlight di Snapchat.

Setelah meng-klik tombol "Send" dan memilih menu "Spotlight" di tampilan selanjutnya, video tersebut lbakal diunggah ke halaman Spotlight yang bisa diakses melalui sebuah tab baru, posisinya tepat di sebelah kanan tab "Discover".

Video yang diunggah ke Spotlight bakal bisa dilihat oleh pengguna umum (public). Apabila hanya ingin diperlihatkan ke kalangan terbatas, pengguna bisa mengunggahnya ke tab "Stories" secara private, atau ke beberapa teman seperti biasanya.

Baca juga: TikTok Ungkap Alasan Video Pengguna Dihapus

Sportlight saat ini baru tersedia di beberapa negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Australia, New Zealand, dan sejumlah negara-negara Eropa, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Selasa (24/11/2020).

Dalam rangka mendorong para penggunanya agar rajin mengunggah ke Spotlight, Snapchat mengatakan bakal membagi-bagikan dana reward sebesar 1 juta dollar AS Rp 14,2 miliar per hari untuk mereka yang videonya populer.

Dalam sebuah pengumuman di situsnya, Snapchat mengatakan bahwa Program (reward) tersebut berlangsung hingga akhir 2020 dan kemungkinan masih akan terus berlanjut setelah itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechSpot


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com