Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Artis, Ini Dia Seleb TikTok Pertama dengan 100 Juta Follower

Kompas.com - 24/11/2020, 14:41 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Remaja asal Amerika Serikat, D'Amelio D'Amelio, menjadi kreator konten pertama di TikTok yang memiliki 100 juta pengikut (followers).

"Kami bangga mengumumkan bahwa salah satu kreator kami sukses memperoleh 100 juta pengikut. Selamat untuk D'Amelio D'Amelio!," tulis TikTok di halaman blog resminya.

Gadis berusia 16 tahun itu berhasil mengalahkan dua kreator lainnya yang hanya
memiliki sekitar 50 juta pengikut, serta artis-artis papan atas Hollywood.

D'Amelio juga mengalahkan selebritas ternama yang memiliki akun TikTok, seperti Will Smith, Dwyane Johnson (The Rock), Selena Gomez, Kylie Jenner, dan Ariana Grande.

Baca juga: Anak Anda Main TikTok, Ini Fitur Baru untuk Pembatasan Pemakaian

Remaja putri bernama lengkap Charli Grace D'Amelio adalah seorang penari asal AS yang lahir dan dibesarkan di Norwalk, Connecticut. Ia menjadi penari di berbagai lomba selama lebih dari 10 tahun, sebelum memulai karier media sosialnya.

D'Amelio mulai mengunggah konten pertama di akun TikTok-nya pada Mei 2019. Artinya, hanya dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, D'Amelio berhasil mencetak rekor tersebut.

Untuk mengapresiasi pencapaian ini, TikTok mendonasikan 100.000 dollar AS (sekitar Rp 1,4 miliar) atas nama D'Amelio ke American Dance Movement, yakni organisasi yang bergerak di bidang pengembangan sanggar tari di AS.

"TikTok dan komunitas tari sangat berarti bagi saya. Saya tidak akan berada sampai di titik ini tanpa dukungan dari mereka," ungkap D'Amelio dalam sebuah pernyataan.

Pada 1 Desember nanti, D'Amelio juga akan mengumumkan rincian lebih lanjut terkait kampanye bertajuk "D'Amelio D'Amelio Dance Grant" untuk beberapa program donasi lainnya.

Selain D'Amelio, tim manajemen D'Amelio Family juga fokus dalam pengembangan konten semua anggota keluarga, salah satunya yaitu sang kakak bernama Dixie.

Baca juga: Kakek 94 Tahun Pecahkan Rekor 1 Juta Follower Instagram Tercepat

Pada Agustus lalu, Dixie merilis single terbarunya berjudul "Be Happy" dan sukses menduduki posisi teratas di tangga lagu Emerging Artists Billboard. Kini, video musik "Be Happy" sudah ditonton sebanyak 93 juta kali di YouTube.

Seolah tak mau ketinggalan, orangtua mereka, yakni Heidi dan Marc, juga terus membangun audiens di platform media sosial masing-masing.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (24/11/2020), keduanya diketahui sama-sama eksis di beberapa akun "D'Amelio Family", baik di TikTok, Instagram, maupun Twitter.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com