Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Layanan Online Ini Tumbuh Pesat di Indonesia Saat Pandemi

Kompas.com - 24/11/2020, 17:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi covid-19 melumpuhkan ekonomi di banyak negara dunia, tak terkecuali Indonesia. Namun, ekonomi di sektor digital terus menggeliat.

Dari semua layanan online berbasis internet, e-commerce, media streaming video dan musik, serta gaming mengalami pertumbuhan yang pesat.

Laporan terbaru e-Conomy SEA dari Google, Temasek, dan Bain & Company, “At full velocity: Resilient and Racing Ahead", memprediksi nilai sektor e-commerce Indonesia akan tumbuh 54 persen sehingga mencapai 32 miliar dollar AS atau sekitar Rp 454 triliun di tahun 2020.

Baca juga: Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Capai Rp 624 Triliun pada 2020

Pada tahun 2019, nilai dari sektor e-commerce diketahui sebesar 21 miliar dollar AS.

Jumlah supplier lokal juga meningkat lima kali lipat dari masyarakat yang coba berjualan secara online di e-commerce. Dalam lima tahun ke depan, pertumbuhan e-commerce diproyeksi mencapai 21 persen.

"E-commerce tetap menjadi salah satu unsur ekonomi internet terbesar dibanding layanan internet lainnya," jelas Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, saat memaparkan laporan e-Conomy SEA secara online, Selasa (24/11/2020).

Grafis kenaikan layanan e-commerce menurut laporan e-Conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek, Bain & Company.Google, Temasek, Bain & Company Grafis kenaikan layanan e-commerce menurut laporan e-Conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek, Bain & Company.
Selain e-commerce, media online juga mengalami pertumbuhan hingga 24 persen dengan nilai 4,4 miliar dollar AS (Rp 62,4 triliun), naik dari tahun sebelumnya yang mencapai 3,5 miliar dollar AS.

Sektor media online diperkirakan akan terus tumbuh mencapai 18 persen atau 10 miliar dollar AS (Rp 141 triliun) hingga tahun 2025.

Grafis layanan media online seperti audio dan video streaming menurut laporan e-Conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek, Bain & Company.Google, Temasek, Bain & Company Grafis layanan media online seperti audio dan video streaming menurut laporan e-Conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek, Bain & Company.

Secara keseluruhan, nilai ekonomi digital Indonesia pada 2020 diperkirakan akan mencapai 44 miliar dollar AS atau sekitar Rp 624 triliun dari total produk domestik bruto (GDP).

Travel dan transportasi online lesu

Nasib berbeda justru dialami layanan perjalanan, yakni travel online maupun transportasi online, selama masa pandemi di Indonesia.

Bisnis layanan travel online yang mencakup pemesanan tiket perjalanan atau penginapan, mengalami penurunan drastis hingga 68 persen atau sekitar 3 miliar dollar AS (sekitar Rp 42,5 triliun) akibat pandemi covid-19. Pada tahun 2019, sektor ini meraup 10 miliar dollar AS.

Baca juga: 4 Ramalan Bill Gates untuk Tahun 2021, dari Pandemi hingga Perubahan Iklim

Laporan yang sama menyebut bahwa masih ada 74 persen konsumen Indonesia yang ingin kembali berlibur apabila kondisi sudah memungkinkan.

Layanan travel online diprediksi akan tumbuh mencapai 36 persen atau 15 miliar dollar AS (Rp 212 triliun) pada tahun 2025 mendatang.

Seperti travel online, bisnis layanan ride hailing juga menurun karena pandemi, yakni sebanyak 18 persen menjadi 5 miliar dollar AS (sekitar Rp 71  triliun di tahun 2020.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com