Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti 5 Cara Ini untuk Menghemat Baterai Ponsel Android Anda

Kompas.com - 24/11/2020, 20:17 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring dengan berkembangnya teknologi, smartphone Android semakin dibekali beragam macam fungsi yang menyulapnya jadi perangkat serba bisa.

Para pengguna bisa memanfaatkan perangkat ini untuk memutar video, berinteraksi di media sosial, mencari rute ke suatu tempat, hingga bermain game online.

Namun, terlepas dari kemampuannya yang canggih, penggunaan smartphone yang intensif tentu akan menguras baterai lebih cepat.

Kendati demikian ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan agar baterai smartphone Android Anda bisa bertahan lebih lama.

Berikut merupakan cara menghemat baterai di smartphone Android sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Indian Express, Selasa (24/11/2020).

1. Aktifkan Dark Mode

Sebagian besar dari smartphone Android telah dibekali dengan fitur mode gelap (Dark Mode). Selain nyaman di mata, mode ini bisa menghemat daya baterai, khususnya pada smartphone Android dengan layar OLED.

Baca juga: Cara Mengubah Akun Google Utama di Ponsel Android

Pada layar OLED, piksel akan mati jika menampilkan warna hitam. Sehingga hal ini dapat membuat baterai jadi tahan lama.

Agar lebih efektif, Anda juga dapat mengaktifkan Dark Mode di berbagai aplikasi lain seperti di Instagram, WhatsApp, dan YouTube.

2. Matikan fitur GPS

Fitur GPS memiliki kemampuan untuk melacak lokasi secara real-time. Namun, jika diaktifkan secara terus-menerus, fitur ini nyatanya dapat menguras daya baterai.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk hanya mengaktifkan fitur GPS apabila Anda memang sedang benar-benar membutuhkannya, seperti ketika sedang mencari rute ke suatu lokasi.

Untuk dapat menonaktifkan fitur ini, pergi ke menu Settings, pilih Location dan geser toggle Location Service. Fitur GPS juga dapat dimatikan dengan memilih opsi yang ada di menu-bar yang terletak di halaman utama smartphone.

3. Selalu gunakan WiFi

Data seluler yang aktif secara terus-menerus rupanya dapat mempercepat konsumsi daya baterai smartphone Android. Anda dapat mematikan data seluler dan beralih menggunakan koneksi WiFi.

Baca juga: Ratusan Aplikasi Android Terjangkit Malware Mata-mata dan Pencuri Data

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com