Ikuti 5 Cara Ini untuk Menghemat Baterai Ponsel Android Anda

Kompas.com - 24/11/2020, 20:17 WIB
Ilustrasi baterai ponsel. PaxelIlustrasi baterai ponsel.

KOMPAS.com - Seiring dengan berkembangnya teknologi, smartphone Android semakin dibekali beragam macam fungsi yang menyulapnya jadi perangkat serba bisa.

Para pengguna bisa memanfaatkan perangkat ini untuk memutar video, berinteraksi di media sosial, mencari rute ke suatu tempat, hingga bermain game online.

Namun, terlepas dari kemampuannya yang canggih, penggunaan smartphone yang intensif tentu akan menguras baterai lebih cepat.

Kendati demikian ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan agar baterai smartphone Android Anda bisa bertahan lebih lama.

Berikut merupakan cara menghemat baterai di smartphone Android sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Indian Express, Selasa (24/11/2020).

1. Aktifkan Dark Mode

Sebagian besar dari smartphone Android telah dibekali dengan fitur mode gelap (Dark Mode). Selain nyaman di mata, mode ini bisa menghemat daya baterai, khususnya pada smartphone Android dengan layar OLED.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Mengubah Akun Google Utama di Ponsel Android

Pada layar OLED, piksel akan mati jika menampilkan warna hitam. Sehingga hal ini dapat membuat baterai jadi tahan lama.

Agar lebih efektif, Anda juga dapat mengaktifkan Dark Mode di berbagai aplikasi lain seperti di Instagram, WhatsApp, dan YouTube.

2. Matikan fitur GPS

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X